Just in case
"Viral Load untuk melihat keberhasilan pengobatan HIV, Tidak Terdeteksi = Tidak Menularkan."

83.000 Perempuan Indonesia adalah ODHA

Wow… Banyak sekali ya. Dari mana data ini di dapatkan?

Berdasarkan estimasi Komisi Penanggulangan AIDS yang dikeluarkan pada tahun 2009, diperkirakan bahwa ada 333.200 ODHA di Indonesia. Dari data laporan kasus yang terlaporkan, 25% dari kasus infeksi HIV dialami oleh perempuan. So, 25% dari dari 333.200 ya sekitar 83.000 itu.. Simple kan.. Meskipun angka kasus pastinya tidak diketahui dengan pasti, namun Indonesia sudah mensepakati bahwa mulai terjadi ‘feminisasi’ dalam epidemi AIDS di Indonesia.. Wow!

Perempuan, selain memang secara biologis memiliki kerentanan yang lebih dari lelaki, dalam konteks budaya dan konstruksi sosial pun juga memposisikan perempuan dalam posisi rentan.

Budaya patriarkhi yang berkembang dengan subur di masyarakat Indonesia telah membuat sering kali perempuan berada dalam posisi lemah terkait posisi tawar dengan lelaki. Begitupun terkait dengan negosiasi pemakaian kondom kepada pasangannya.

Bungkus ‘atas nama cinta’ sering kali membuat perempuan ‘takluk’ dan menuruti semua permintaan lelaki yang menjadi pasangannya termasuk untuk berhubungan seks tanpa kondom. Seringkali kondisi ketergantungan terkait faktor ekonomi juga membuat perempuan semakin rentan.

Lalu bagaimana jalan keluarnya?

Pendidikan seks secara dini mutlak diperlukan bagi remaja yang akan memasuki masa seksual aktif. Bisa melalui sekolah maupun lewat media-media informal. Sedari dini mereka mengetahui tentang kesehatan reproduksi seksual dan hak seksualitas, ketika mereka mempunyai pasangan dan memutuskan dengan sadar untuk berhubungan seks maka mereka tahu cara melindungi dirinya dengan aman.

Kita bisa melindungi perempuan Indonesia..!!

Facebook Comments