Just in case
"Viral Load untuk melihat keberhasilan pengobatan HIV, Tidak Terdeteksi = Tidak Menularkan."

Beberapa Perusahaan Swasta Ternyata Punya Program HIV

Hari ini pertama kalinya mengikuti pertemuan yang diadakan sebuah kelompok Industri besar yang mencoba mulai menggarap permasalahan HIV di masyarakat. Pertemuan – pertemuan sebelumnya sih lebih sering yang mengundang adalah LSM atau Pemerintah. Pertemuan ini diikuti oleh perusahaan – perusahaan besar seperti Freeport, Sinar Mas, The Body Shop, Exxon, British Petrolium, Ford dan lain – lain. Sangat berbeda dari keadaan pertemuan – pertemuan yang sebelumnya saya ikuti, penampilan para peserta meeting ini terlihat glamour, berbeda dengan pertemuan – pertemuan masyarakat sipil yang lebih santai dalam berkostum.

Beberapa perusahaan besar ternyata telah menjalankan program terkait HIV, sebagai contoh adalah PT Freeport. PT Freeport selama ini telah menjalankan klinik IMS di Timika dan mereka melakukan pendidikan masyarakat agar memiliki kesadaran untuk VCT, dan pada tahun kemarin telah tercover sekitar 10.000 orang menjalani VCT. Benar gak ya?? Banyak buanget…. J

Untuk PT Sinar Mas, mereka juga telah mensosialisasikan penanggulangan HIV di tempat kerja, mereka melakukan pelatihan kepada para stafnya terkait Stigma dan Diskriminasi terkait HIV. Diharapkan dengan pelatihan tersebut maka Stigma dan Diskriminasi di tempat kerja dapat bekerja.

Dalam pertemuan ini Yayasan Rumah Rachel dan Indonesia AIDS Coalition menyampaikan presentasi terkait Stigma – Diskriminasi dan Situasi HIV pada anak. Para peserta terlihat sangat heran terkait dampak turunan yang diakibatkan oleh HIV yang salah satunya terkait anak – anak yang dikeluarkan dari sekolah hanya karena orang tuanya HIV, mereka (Pengusaha) mengungkapkan bahwa “hal seperti ini tidak pernah kami bayangkan, ternyata masalah HIV bukan hanya pada Orang terinfeksinya saja namun masyarakat bisa terkena dampak dari adanya HIV”.

Dari pertemuan ini beberapa perusahaan ingin memulai kegiatan untuk mulai melakukan respon di lingkup dunia kerja terkait pendidikan HIV bagi para pekerja, dan yang tidak kalah penting adalah CSR (Corporate Social Responsibility) yang merupakan wujud dari sebuah perusahaan untuk menyikapi permasalahan social di masyarakat terutama terkait HIV.

Semoga semakin banyak sector swasta ke depannya mulai ikut terlibat dalam penanggulangan HIV… Semoga….

Facebook Comments

Incoming search terms:

  • perusahaan swasta untuk csr hiv aids