Just in case
"Viral Load untuk melihat keberhasilan pengobatan HIV, Tidak Terdeteksi = Tidak Menularkan."

Pencegahan Penularan HIV dari Ibu ke Anak

Saat ini di Indonesia telah tersedia layanan Pencegahan Penularan dari Ibu ke Anak (PMTCT; Prevention Mother to Child Transmission) dimana layanan ini terdiri dari 4 (empat) tiang strategi/prong. Adapun 4 (empat) bagian dari PMTCT, yaitu :

1. Mencegah terjadinya penularan HIV pada perempuan usia produktif.
2. Mencegah kehamilan yang tidak direncanakan pada Ibu HIV.
3. Mencegah terjadinya penularan HIV dari ibu hamil HIV positif ke bayi yang dikandungnya.
4. Memberikan dukungan psikologis, social dan perawatan kepada ibu HIV positif beserta bayi dan keluarga.

Keempat prong/strategi PMTCT tersebut dalam penerapannya tidak dapat dipisahkan atau tidak dapat berjalan sendiri-sendiri.

Beberapa catatan penting yang harus dipahami terkait PMTCT:

Untuk mencegah penularan pada bayi, yang paling penting adalah mencegah penularan pada ibunya dulu. Harus ditekankan bahwa si bayi hanya dapat tertular oleh ibunya. Jadi bila ibunya HIV-negatif, PASTI si bayi juga tidak terinfeksi HIV. Status HIV si ayah TIDAK mempengaruhi status HIV si bayi.

Mengapa? Kita sering salah ngomong bahwa salah satu cairan tubuh manusia yang mengandung HIV adalah ‘sperma’. Ini SALAH! Yang mengandung virus pada laki-laki yang HIV-positif adalah air mani, BUKAN sperma. Hal ini ibarat ikan dalam air laut: airnya mengandung virus, bukan ikan. Sperma tidak mengandung virus, dan oleh karena itu, telur si ibu TIDAK dapat ditularkan oleh sperma!

Jelas, bila si perempuan tidak terinfeksi, dan melakukan hubungan seks dengan laki-laki tanpa kondom dalam upaya buat anak, ada risiko si perempuan tertular. Dan bila perempuan terinfeksi pada waktu tersebut, dia sendiri dapat menularkan virus pada bayi. Tetapi si laki-laki tidak dapat langsung menularkan janin atau bayi. Hal ini menekankan pentingnya kita menghindari infeksi HIV pada perempuan.

Facebook Comments

Incoming search terms:

  • penularan hiv/aids dari ibu ke anak
  • hiv dari ibu ke anak
  • PENcegahan penularan dari ibu kepada anak
  • penularan HIV dari ibu ke bayi
  • slogan untuk pencegahan penularan ibu ke anak
  • infeksi hiv pada bayi dan anak pdf
  • pencegahan penularan hiv dri ibu k anak pdf prong 1-4
  • strategi pencegahan hiv dari ibu ke anak