Just in case
"Viral Load untuk melihat keberhasilan pengobatan HIV, Tidak Terdeteksi = Tidak Menularkan."

3 Simple Questions

Tau nggak apa itu HIV dan apa itu AIDS? Tau ODHA nggak? Gimana perasaan lo kalo lo hidup sama orang yang positif HIV? 3 pertanyaan mendasar yang  baru-baru ini kita tanyain ke temen-temen kita. Dan ternyata disekitar kita masih banyak banget orang yang gatau perbedaan antara HIV, AIDS dan ODHA. Yang mereka tau hanyalah HIV dan AIDS adalah virus yang mematikan tanpa tau lebih jauh lagi. Tapi yang membuat kita sedikit lega adalah hampir semua orang yang kita wawancarai turut membuka lebar tangan mereka untuk tetap mensupport ODHA. Mereka tidak takut atau jijik terhadap ODHA walaupun mereka tau bahwa HIV dan AIDS adalah virus yang mematikan.Nggak bisa kita pungkirin kalo masih banyak  banget orang disekitar kita yang nggak tau apa perbedaan antara HIV dan AIDS dan apa itu ODHA. Kita nggak bisa cuma nyalahin mereka yang terlalu menutup diri, mereka seperti itu juga karna nggak ada yang berusaha buat ngasi tau. Dari pemerintah juga nggak pernah memberikan edukasi khusus mengenai HIV dan AIDS karna dianggap masih terlalu tabu. Kenapa dianggap tabu? Karna kebanyakan khasus HIV dan AIDS selalu berkaitan dengan seks bebas dan narkotika yang sampai detik ini masih dianggap sangat tabu untuk diperbincangkan. Yang selama ini kita lihat aktif dan secara gamblang menjelaskan semua hal yang berkaitan dengan HIV dan AIDS adalah aktifis-aktifis atau komunitas yang dibentuk oleh orang-orang peduli yang secara aktif mengkampanyekan HIV dan AIDS baik itu memberikan edukasi atau mengubah paradigm masyarakat terhadap HIV dan AIDS. Tapi kita rasa aktifis-aktifis tersebut belum mencapai angka cukup, mereka membutuhkan lebih banyak orang lagi yang peduli dan mau membantu mereka untuk memberikan pemahaman dan mengubah paradigma kaum awam yang berada disekitar mereka.

Oleh sebab itu, mari kita sisihkan sedikit waktu kita untuk mencari tau apa itu HIV dan AIDS, bagaimana cara penularannya, bagaimana cara penanggulangannya dan bagaimana pola hidup ODHA untuk kita tumpahkan lagi pengetahuan yang kita dapatkan kepada orang-orang disekitar kita.

Kalau bukan kita, siapa lagi?

Oya, wawancara dengan teman-teman kita tidak hanya kita rangkum kedalam bentuk tulisan, tapi juga kita muat kedalam satu video yang kita upload di youtube, ini link-nya http://www.youtube.com/watch?v=uKp55yIY8N0 silahkan dibuka dan dilihat! Dan jangan lupa juga follow @ODHAberhaksehat untuk tau lebih banyak lg informasi-informasi tentang HIV dan AIDS.

Facebook Comments

Incoming search terms:

  • pertanyaan tentang pergaulan bebas
  • komunitas odha jakarta
  • kumpulan pertanyaan tentang pergaulan bebas
  • pertanyaan tentang HIV
  • pertanyaan mengenai pergaulan bebas
  • pertanyaan untuk pergaulan bebas
  • pertanyaan pergaulan bebas
  • pertanyaan tentang seks bebas
  • tanya jawab tentang hiv
  • pertanyaan seputar pergaulan bebas