"ODHA mempunyai resiko mengidap Tuberkulosis 6 kali lebih besar daripada orang tanpa HIV"

HIV hanya bisa menular jika (baca artikel ini)

Baru saja browsing dan baca-baca eh ketemu dengan artikel soal beberapa mitos penularan HIV yang beredar di masyarakat. Hal yang cukup miris ya sebab HIV itu tidak semudah yang dibayangkan orang untuk bisa menular. HIV menular melalui jabat tangan, berenang, jarum bioskop, gigitan nyamuk seperti yang selalu ini kita takutkan?? ini Hoax!

Dalam penularan infeksi HIV dikenal ada istilah yang disebut dengan ESSE yaitu prinsip dimana dimungkinkan untuk terjadi penularan HIV dari satu manusia ke manusia lainnya.

ESSE ini adalah kepanjangan dari Exit, Survive, Sufficient dan Enter. Dalam bahasa indonesia bisa diartikan: Jalan keluar virus, Virus yang hidup, Kandungan VIrus yang cukup untuk menginkubasi serta adanya jalur masuk virus ke tubuh seseorang. HIV hanya bisa menular jika empat prinsip ini dipenuhi semua dan tidak bisa menular jika hanya salah satu atau sebagian prinsip terpenuhi.

E= Exit ini maksudnya ada jalan keluar bagi cairan tubuh yang mengandung HIV yang ada dalam tubuh seseorang keluar tubuh. Hal semacam ini misalnya jika terjadi luka atau keluarnya cairan tubuh yang mengandung HIV seperti ketika seseorang melakukan hubungan seksual. Bagi penularan melalui jarum suntik bisa diartikan karena ada darah yang tersisa di dalam jarum bekas dan kemudian masuk kedalam tubuh seseorang.

S= Survive ini maksudnya dari cairan tubuh yang keluar ini harus mengandung virus yang tetap bertahan hidup. HIV bila berada di luar tubuh inangnya (manusia) dia tidak akan bertahan hidup lama. Ini misalnya ketika cairan tubuh keluar di saat berenang atau berada dalam udara bebas lainnya. Prinsip Survive ini juga tidak terpenuhi bila diberitakan HIV dimasukkan dalam minuman soda atau makanan sebab asam lambung yang pekat akan membuat HIV ini tidak bertahan hidup.

S= Sufficient ini maksudnya kandungan HIV dalam cairan tubuh yang keluar dari orang yang terifeksi HIV harus ada dalam kandungan yang cukup. Jika jumlahnya sedikit, HIV tidak akan bisa menginkubasi tubuh manusia lainnya. Ini mengapa cairan keringan dan saliva (ludah) tidak bisa menularkan HIV.

Enter= Adanya jalur masuk di tubuh manusia yang memungkinkan kontak dengan cairan tubuh yang mengandung HIV. Ini mengapa penggunaan kondom serta pelicin kemudian penting sebab akan meminimalisir terjadinya perlukaan ketika terjadi kontak hubungan seksual.

Jadi itulah hasil browsing saya.. semoga bermanfaat…

Incoming search terms:

  • www odhaberhaksehat org
  • hiv menular melalui
  • artikel hiv
  • HIV menular
  • hiv tidak menular melalui
  • apakah hiv menular
  • bagaimana hiv menular
  • artikel tentang hiv
  • berapa lama virus hiv bertahan diluar tubuh
  • hiv menular lewat

Tambahkan Komentar Anda