Just in case
"Viral Load untuk melihat keberhasilan pengobatan HIV, Tidak Terdeteksi = Tidak Menularkan."

Kelompok dukungan sebaya (KDS) bagi ODHA,

Mungkin bagi teman-teman yang berkecimpung dalam dunia program penanggulangan AIDS atau pun adalah seorang ODHA, tidak akan merasa asing lagi dengan apa yang namanya Kelompok Dukungan Sebaya atau yang di luar negeri dikenal dengan peer support group. Kelompok ini adalah sebuah kelompok yang mempunyai prinsip bahwa tujuan kelompok adalah mensupport setiap anggota kelompok dalam kehidupan keseharian mereka. Karena yang saya maksudkan ini adalah kelompok dukungan sebaya bagi ODHA (orang dengan HIV dan AIDS) maka jelas tujuan ini adalah membantu serta mendukung ODHA-ODHA yang tergabung di dalam kelompok didalam kehidupan keseharian mereka.

Konsep ini, menurut saya, diadopsi dari konsep dukungan bagi alkoholik atau pengguna narkotika yang dikenal dengan nama Alcoholic Anonymous dan Narcotic Anonymous. Prinsip utama dari kelompok ini adalah alkoholik membantu alkoholik lainnya, pengguna narkotika membantu pengguna narkotika lainnya. Mengapa hal ini diterapkan? karena dirasa, kompleksitas permasalahan yang dihadapi oleh alkoholik dan pengguna narkotika ini hanya bisa dipahami oleh sesama alkoholik dan pengguna narkotika yang punya atau pernah punya pengalaman yang sama dan mereka telah berhasil menjadi penyintas. oiy, penyintas adalah terjemahan dari Survivor. Dengan saling berbagi diantara anggota yang baru bergabung dengan anggota yang telah menjadi penyitas, diharapkan akan membawa kekuatan bagi individu-individu yang bergabung dan juga kepada kelompok itu. Empati menjadi kata kunci kenapa kelompok ini bisa berjalan.

Begitu pula yang ditemui dalam kelompok dukungan sebaya bagi ODHA. kelompok ini berupaya membantu ODHA-ODHA yang baru mengetahui statusnya, dengan bermodalkan empati dan bertujuan agar saling mengkuatkan serta menjadi wadah berbagi informasi terkait dengan perawatan dan pengobatan yang diperlukan oleh ODHA. Kelompok ini sangat dibutuhkan karena sejak seseorang di mengetahui jika dia diagnosa terinfeksi HIV, garis hidup dia kedepannya akan berubah. Dia akan mengalami hal-hal yang dihadapi setiap ODHA dimana stigma dan diskriminasi masih tinggi dimasyarakat, dikucilkan, dijauhi, di cemooh, dikeluarkan dari sekolah atau tempat kerja bahkan harus ditambah dengan kesulitan menjaga tingkat kesehatannya karena HIV terus merusak daya tahan tubuh orang yang terinfeksi HIV.

Dukungan moral dan semangat ini sangat dibutuhkan oleh ODHA sebab ketika dia tahu dirinya terinfeksi HIV maka muncul pergolakan batin besar dalam dirinya dimana dia akan dihadapkan dengan dirinya sendiri yang lalu memunculkan berbagai macam sikap seperti penyangkalan jika ia terinfeksi HIV, marah dan sedih. kelompok inilah yang diharapkan bisa mentransformasikan sikap-sikap ini menjadi sebuah sikap penerimaan diri sehingga ODHA tersebut bisa tetap sehat, tetap produktif dan yang paling penting adalah dia tidak merasa sendiri.

Sikap empati seperti inilah yang selama ini jarang mereka dapatkan dari orang-orang lain yang tidak terinfeksi HIV baik keluarganya sendiri, teman-temannya maupun masyarakat luas. Kelompok Dukungan Sebaya yang memainkan peran penting di awal-awal ini.

Setelah sikap penerimaan ini terbangun, kelompok dukungan sebaya kemudian menjadi sebuah wadah untuk berbagi akses. Baik akses informasi maupun akses rujukan layanan. Seorang ODHA baru umumnya merasa buta akan kondisi tubuhnya sendiri pasca dia terinfeksi HIV. untuk meminta informasi ke dokter pun kadang muncul keengganan selain dikarenakan masih sedikitnya dokter yang kompeten soal HIV, mahalnya biaya sampai sikap dokter dan pemberi layanan kesehatan sendiri yang kerap kali masih memunculkan stigma dan diskriminasi bagi ODHA tersebut. Di KDS, ODHA bisa berbagi informasi perawatan dan pengobatan serta saling memberikan support guna memotivasi agar tetap hidup sehat.

KDS ini sekarang ada di seluruh wilayah Indonesia bahkan sampai dengan di kota/kabupaten. Ini adalah tempat pertama yang aman bagi ODHA guna meningkatkan penerimaan dirinya serta mempertahankan nyawanya dengan tetap hidup sehat.

Kalo rekan-rekan ada yang mempunyai kenalan ODHA, jangan sungkan ya memberitahukannya agar ODHA tersebut mencari KDS terdekat.

Informasi lengkap tentang KDS bisa dilihat di www.spiritia.or.idKDS

Facebook Comments

Incoming search terms:

  • kelompok dukungan sebaya
  • kelompok dukungan sebaya hiv aids
  • kehidupan odha
  • kelompok dukungan sebaya ODHa
  • arv lini 2
  • kelompok dukungan sebaya adalah
  • semangat odha
  • dukungan sebaya
  • kelompok odha
  • pengertian kelompok dukungan sebaya