Just in case
"Viral Load untuk melihat keberhasilan pengobatan HIV, Tidak Terdeteksi = Tidak Menularkan."

AIDS Digital

Wah, sudah hampir selesai nih pembangunan portal on-line yang berisi direktori layanan AIDS dan IMS di seluruh Indonesia. Portal informasi ini dinamakan AIDS Digital. Saat ini sedang dalam proses finalisasi sehingga pertengahan tahun ini paling lambat bisa diluncurkan. Bagi yang belum pernah melihat videonya, bisa dilihat disini ya..

[youtube http://www.youtube.com/watch?v=uuAXC1HsE-M]

Sedikit cerita, portal informasi on-line ini dibangun oleh komunitas terdampak AIDS sendiri diantaranya pengguna narkotika suntik, ODHA dan juga perempuan yang hidup dengan HIV. Kata siapa komunitas terdampak AIDS ini tidak bisa berkreasi dan berkarya?

Latar belakang pembangunan portal informasi ini sih sederhana. Tim AIDS Digital, yang juga adalah tim kampanye #ODHABerhakSehat, ingin memberikan sebuah ruang privacy bagi mereka yang membutuhkan informasi tempat layanan AIDS dan IMS namun malu, sungkan atau terperangkap dalam taboo untuk bertanya secara terbuka. IMS, HIV, AIDS itu masih dianggap tabu dibicarakan oleh masyarakat Indonesia dan kemudian membuat orang juga enggan membicarakan, bertanya atau memberikan informasi terkait tempat layanan IMS dan AIDS karena merasa bahwa dirinya tidak beresiko, ini hanya diperlukan oleh kelompok berperilaku menyimpang dan hal-hal negatif lainnya. Ini yang harus dipecahkan karena layana IMS dan AIDS ini dibutuhkan oleh siapa saja tanpa memandang latar belakang suku, agama, profesi dan lainnya.

Selain itu, informasi portal informasi layanan AIDS dan IMS yang terpusat juga akan membantu komunitas terdampak AIDS untuk mengetahui serta mengakses layanan-layanan yang dibutuhkan oleh mereka.

Dalam Portal AIDS Digital ini, ada informasi tempat layanan tes HIV, RS Rujukan AIDS, Tempat mengambil ARV, klinik IMS, Layanan pencegahan orang tua ke anak, kelompok dukungan sebaya, layanan methadone dan layanan jarum suntik steril. Portal informasi ini juga akan berisi informasi lembaga negara dan LSM yang bekerja di isu AIDS di seluruh wilayah Indonesia. Total ada lebih dari 800 layanan yang terdapat di dalamnya.

Doakan kami ya semoga portal AIDS Digital ini bisa segera di luncurkan sehingga bisa turut berkontribusi bagi keberhasilan program penanggulanagn AIDS di Indonesia.

Dari ODHA untuk Indonesia yang lebih baik!

Facebook Comments