Just in case
"Viral Load untuk melihat keberhasilan pengobatan HIV, Tidak Terdeteksi = Tidak Menularkan."

Cinta Dari Wamena, Satu Lagi film tentang HIV dan AIDS

Picture taken from https://www.facebook.com/CintaDariWamenaOfficial

Sebuah Film berlatar tanah Papua yang luar biasa sangat Indah. Kisah 3 orang sahabat bernama Tembi, Lithius dan Martha yang lahir dan tumbuh di Papua. mereka adalah sosok yang penuh mimpi dan cita cita, mereka sama sama berjanji kelak ingin berhasil di masa mendatang. Namun dengan segala keterbatasan akses pendidikan, mereka tidak bisa mendapatkan pendididikan di jenjang sekolah menengah keatas di tempat mereka tinggal. Mereka harus pergi ke Wamena untuk melanjutkan pendidikan SMA mereka.

Kurangnya Informasi mengenai HIV dan AIDS mengakibatkan banyak masyarakat khususnya remaja usia produktif tidak mampu melindungi diri mereka dari bahaya yang menanti di depan mata. jangankan informasi mengenai HIV dan AIDS, bisa bersekolah saja sudah suatu keberuntungan bagi anak anak di Papua yang kebanyakan tidak mendapatkan kesempatan itu. Pergaulan bebas yang tidak dibekali informasi yang cukup mengakibatkan Tembi terinfeksi HIV.

Dalam Film ini kita juga bisa melihat kisah cinta antara Lithius dan Endah yang sangat sederhana namun dibumbui rahasia dalam kehidupan Endah. Rahasia apakah itu yang Endah Sembunyikan dari Lithius dan teman temannya. Bagaimana dengan Tembi yang kemudian terinfeksi HIV? apakah dia dapat bertahan melawan virus yang bersarang di tubuhnya. Lalu bagaimana dengan mimpi tiga sekawan tersebut untuk bersama sama mewujudkan cita cita mereka?


Saya beruntung sekali bisa mendapatkan kesempatan untuk nonton Gala Premier Cinta Dari Wamena, di Epicentrum Kuningan Jakarta Selatan, Selasa 11 Juni 2013 lalu. Selain nonton untuk pertama kalinya, saya mewakili ODHA Berhak Sehat bersama Rikky dari Ourvoice juga berkesempatan mewawancarai Sutradara Film ini langsung yaitu Lasja F Susatyo. Juga mewawancarai Mas Riri Riza dan Benyamin Lagowan yang berperan menjadi Tembi dalam film ini.

Bagi saya, ini suatu pencapaian yang luar biasa. saat isu HIV dan AIDS akhirnya bisa dengan mudah diakses oleh masyarakat dan film menjadi sarananya. Film ini memiliki pesan moral yang cukup dalam, tentang betapa pentingnya remaja membekali diri mereka dengan informasi kesehatan seksual dan reproduksi sehingga saat mereka tumbuh dalam masyarakat dan bergaul mereka bisa melindungi diri mereka karena tahu akan resiko bahaya terinfeksi HIV.

Film ini juga menggambarkan persahabatan indah antara 3 orang, yang walaupun salah satu dari mereka terinfeksi HIV, mereka tetap mendampingi dan memberikan dukungan penuh kepadanya tanpa ada stigma dan diskriminasi sama sekali. Hal ini memang benar perlu disosialisasikan kepada masyarakat yang lebih luas, bahwa yang sepatutnya dijauhi adalah perilaku yang beresiko akan HIV nya bukan orang yang hidup dengan HIV dan AIDS.

Penasaran ga sih sama filmnya? Nah, Kamis 13 Juni 2013 ini, akan serentak ditayangkan di Bioskop di seluruh Indonesia. Untuk Trailer film Cinta Dari Wamena kamu bisa lihat disini. Kamu juga bisa add twitter accountnya disini @Cintawamena atau Like fanspage Facebook-nya. Salut untuk seluruh Cast, crew dan sutradara film Cinta Dari Wamena. Semoga bisa menjadi inspirasi baru bagi seluruh masyarakat Indonesia. Terima Kasih juga untuk Ourvoice atas liputan barengnya.

Foto milik Ourvoice Indonesia.

Facebook Comments

Incoming search terms:

  • download film cinta dari wamena
  • film tentang hiv
  • film tentang hiv aids
  • cinta dari wamena full movie
  • download film cinta dari wamena full movie
  • download film cinta dari wamena gratis
  • download film HIV
  • cinta dari wamena download
  • cinta dari wamena full movie download
  • download film AIDS indonesia