Just in case
"Viral Load untuk melihat keberhasilan pengobatan HIV, Tidak Terdeteksi = Tidak Menularkan."

Kopi Darat Tanpa Kopi

Sore itu, saya dan beberapa teman sudah duduk manis di tangga tangga Taman Ayodya, yang dulunya adalah Pasar Bunga Barito, di bilangan Mahakam Jakarta Selatan. Jakarta yang beberapa jam sebelumnya diguyur hujan deras, kini terang benderang berkat doa kami semua.

Beberapa bulan lalu, saya, edo, bani dan iwang ngobrol ngobrol santai di kantor @koalisiaids tentang perkembangan social media movement kami. Bagaimana antusiasme dan keseruan berkampanye melalui sosial media. Begitu pula dengan semakin banyaknya masyarakat yang membutuhkan informasi terkait HIV dan AIDS serta isu isu di sekitarnya. Saya dengan semangat bercerita bahwa semakin banyak masyarakat yang sharing informasi dan dengan suka hati membantu me-retweet informasi yang kami kicaukan melalui @odhaberhaksehat. Lalu terbesit dalam pikiran kami, untuk mempertemukan kami para admin #OBS dengan masyarakat, teman teman followers, fanpage facebook dan teman ngobrol santai di blackberry messenger.

Maka disinilah kami, di Taman Ayodya; tempat yang menjadi pilihan @ayuma_morie untuk mengadakan #KopdarOBSJakarta. Pukul 3 sore, para admin yang biasa berseliweran di timeline mulai memposting lokasi tempat berkumpul, men-twitpic dan memposting beberapa foto di sekitar Taman Ayodya, Jakarta Selatan. Dan akhirnya satu persatu pun mereka datang.. teman teman yang dalam 3 minggu terakhir mengirimkan sms, bbm dan me-mention kami untuk ikutan acara ketemuan ini. Walau sebelumnya sempat pesimis, dan sebanyak 36 orang akhirnya berkumpul dan memulai kegiatan Kopi Darat tanpa kopi tersebut.

Kegiatan dibuka dengan perkenalan singkat dari teman teman yang hadir. Mereka menyebutkan nama, kemudian daerah asal dan ngapain mereka jauh jauh dateng ke acara kopi darat ini. yang mengharukan adalah.. beberapa dari mereka tinggal jauh di Cikarang. kemudian, banyak yang membawa pasangan mereka loh. huhuhu… sedihh, terharu dan senang melihat banyak yang datang.

kebanyakan dari teman teman, secara tegas menyampaikan bahwa mereka peduli dengan isu HIV dan AIDS. mereka merasa bahwa selama ini informasi yang berseliweran di dunia nyata dan dunia maya terlalu banyak yang fake atau palsu. maka keyakinan kami di-aminkan oleh teman teman yang hadir bahwa @odhaberhaksehat sebagai sebuah gerakan bersama, dapat mendorong masyarakat pada akhirnya menjadi peduli dengan isu HIV AIDS ini. mau belajar dan bisa melindungi diri dari bahaya HIV dan AIDS.

Keharuannya tidak cukup berhenti disana. setelah perkenalan, dan kita semua mendengarkan cerita @awardhana sebagai salah satu pengagas berjalannya gerakan @odhaberhaksehat ini menceritakan awal mula bagaimana #OBS kemudian bisa sebesar dan seaktif gerakan sosial media lainnya. cerita cerita antar sahabat yang dulunya hanya wacana dan cerita kini dapat diwujudkan menjadi nyata melalui gerakan yang didalamnya berisi 2.976 Followers twitter, 273 orang yang berteman di customer support bbm dan 1.608 orang yang Like fanspage ODHA berhak Sehat.

gerakan ini terasa semakin nyata manfaatnya saat 36 orang duduk bersama. dan berbagi cerita, sharing informasi, pengalaman serta bagaimana mereka menanti setiap informasi yang disampaikan oleh #OBS. “Saya pribadi merasa terharu akhirnya saat bertemu dengan mba ijul @callmeizul, setelah hampir setahun ngobrol dan bertukar informasi di whatssap, bbm dan saling memention di twitter.” ujar Ayu yang dengan semangat memeluk mbak ijul saat dia hadir di kegiatan #kopdarOBSJakarta ini. begitu pula saat @mulyayadi08 datang membawa sekotak donat j.co untuk para #SahabatOBS yang hadir di acara kopi darat ini. tak kalah bahagia dengan pasangan pasangan yang dengan setia datang bersama sama ke acara ini, membuat teman teman yang jomblo menangis di dalam hati. hehehe..

di akhir acara, teman teman #OBS akan memfollow up kegiatan ini dengan serius. ada beberapa wacana yang masuk seperti akan membuat arisan, gathering, outbound, piknik dan lain lain.. dengan senang hati dan suka cita, kami akan mengamini dan akan merencanakan kegiatan kegiatan lanjutan. karena setelah kegiatan ini berlangsung, banyak sekali teman teman di provinsi dan kota lainnya yang juga tertarik ingin sekali mengadakan kegiatan serupa. seperti Banjarmasin, Bandung, Medan, Surabaya, Makassar, dan provinsi serta kota lainnya. AMIN. semoga #OBS bisa juga menjangkau teman teman di kota lainnya. dan kemudian terus mengkampanyekan informasi HIV AIDS yang benar dan tepat, yang seharusnya menjadi informasi yang pentig untuk diakses seluruh masyarakat Indonesia.

Btw, Terima Kasih juga kepada Komisi Penanggulangan AIDS Nasional buat Goodie Bag-nya, dan Indonesia AIDS Coalition untuk dukungan terbesarnya!! Bravohh!! nuhunn pisan juga untuk mbak mbak dan mas mas kami tercinta @slaksmi @donnybu @internetsehat @marciasoumokil @hprabowo24 @tonogwl

Terima kasih banyak kepada keluarga Besar @ODHABerhaksehat yang mendukung terselenggaranya acara ini, @ayuma_morie dan @QueenNaifa; @banirisset @lolalamanda serta si Kembar Ashilla Aliyah; @alldree dan @awardhana; @widjaja27x; Mba Atun dan keluarga dan @wyogie; Debora dan Dikki yang walaupun ga hadir disini. Juga kepada seluruh sahabat yang hadir di acara ini, @Fafaririlala; @tiwittiw; @aaazka; @Dwinandananta; @chetty.paramita; @barselia; @ardihuwae; @RdKoy; @mulyayadi08; @callmeizul; Syafei; @Dhany_23; Riva Yunia; @Devvcaaw; @keimarsiiach; Antonio; @famellafieranda; @ikawijaya1; @drykabuki; @auliya_ahmad; Andika Rizki, Ranni dan radit serta Mbak Yanti dan siapa lagi yang belum disebutkan namanyaaaaa… (Silahkan Protes!)

 Helloowww Familly!!!

Facebook Comments