Just in case
"Viral Load untuk melihat keberhasilan pengobatan HIV, Tidak Terdeteksi = Tidak Menularkan."

Komunitas ODHA Berhak Sehat sambut positif sikap Ahok untuk tes HIV

Komunitas kampanye #ODHABerhakSehat atau yang biasa dikenal dengan nama OBS, menyambut gembira langkah yang dilakukan oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta yang hari ini melakukan konseling dan tes HIV.

“Ini adalah mimpi yang kami harapkan sejak lama. Kami yakin, semakin banyak pejabat public dan public figure mau melakukan konseling dan tes HIV, maka stigma terhadap HIV akan berkurang drastis. Pada akhirnya ini akan turunkan pula stigma dan diskriminasi pada orang yang terinfeksi HIV (ODHA)”, kata Ayu Oktariani dari ODHA Berhak Sehat.

Ramai diberitakan di media bahwa pada hari ini, wakil gubernur DKI Basuki TjahajaPurnama atau yang akrab dipanggil Ahok melakukan konseling dan tes HIV di kantornya.

Dengan angka kasus kumulatif infeksi HIV di DKI Jakarta berdasarkan laporan triwulan yang dikeluarkan Kemenkes sebanyak 24.807 kasus HIV dan 6.299 kasus AIDS, persoalan epidemi ini perlu ditangani secara serius.

Selama ini yang cukup jadi persoalan besar adalah stigma masyarakat kepada HIV. HIV masih dikonotasikan dengan moral, dosa dan masalah dari kelompok marginal sehingga masyarakat menutup mata dan telinga dari jangkauan informasi pencegahan HIV serta akses ke tes HIV. “Jangankan tes, untuk membicarakan HIV saja masyarakat masih merasa tabu sehingga hal ini malah menambah kerentanan mereka terhadap infeksi HIV. Kunci mencegah HIV adalah pahami informasi akurat mengenai HIV dan AIDS serta lakukan konseling dan testing HIV pada diri kita, pasangan dan keluarga” kata Ayu.

Angka kasus infeksi HIV sendiri saat ini telah mulai menjangkiti kelompok masyarakat umum yang selama ini tergolong dikategorikan sebagai kelompok dengan resikorenda misalnya Ibu Rumah Tangga. Informasi akurat terkait AIDS dan akses ke tes HIV harus mulai dianggap sebagai sebuah hal yang biasa dan ditawarkan kepada setiap orang tanpa melihat latar belakangnya.

Ayu kemudian menambahkan, “PR besar berikutnya bagi Pak Ahok adalah bagaimana kemudian memastikan layanan kesehatan di DKI Jakarta siap melayani ODHA yang terjaring dari kampanye tes HIV ini. Kartu Jakarta Sehat dan seluruh unit layanan kesehatan di DKI harus dimonitor untuk tidak melakukan diskriminasipada ODHA sehingga program kampanye tes HIV ini bisa terus digaungkan dan mendapat sambutan dari masyarakat.”

“Sekarang Pak Ahok sudah menunjukkan kepemimpinan dalam program penanggulangan AIDS di DKI dengan menjadi role model bagi tes HIV. Kami sangat berharap jika upaya ini juga kemudian dicontoh oleh Kepala Daerah lain dan bahkan kami berharap Presiden SBY pun mau menunjukan kepemimpinan dalam program penanggulangan AIDS di Indonesia dan menjadi role model dengan melakukan tes HIV.” tutup Ayu Oktariani.

Untuk keterangan lebih lanjut silahkan kontak AYu Oktariani di email ayu@iac.or.id atau telpon +62 813 1441 4027

Keterangan gambar didapat dari artikel “Ahok Jalani Konseling dan Tes HIV di Kantornya” http://de.tk/suVDg

Facebook Comments