Just in case
"Viral Load untuk melihat keberhasilan pengobatan HIV, Tidak Terdeteksi = Tidak Menularkan."

Dukungan Sebaya dari Kuldesak SG

“Mereka bersikap diskriminatif karena ketidak mengertian pada masalah yg sesungguh nya, sejalan dengan pengalaman, saya semakin lama makin menyadari bahwa kepercayaan itu begitu kecil dan rapuh, seperti cahaya lilin di tempat berangin. Saya ingin melihat orang melihat dan berkomunikasi kepada orang dengan HIV AIDS dengan cara yang sama mereka melakukannya kepada orang dengan flu. Maksud saya, tanpa rasa takut, diskriminasi atau menghakimi.” (Suzana Murni, pendiri Yayasan Spritia)

logo copy

Pada hari senin 17 Februari 2014 pukul 13.00 wib, telah dilaksanakan Webinar Series oleh Indonesia AIDS Coalition. Pada kesempatan kali ini, IAC, mengajak teman teman sekalian untuk kembali mengenal lebih dalam apa itu Kelompok Dukungan Sebaya? Kuldesak Support Group sebagai salah satu kelompok dukungan sebaya yang berdomisili di wilayah Depok, Jawa Barat diwakuli oleh Samsu Budiman, menjadi Narasumber pada kesempatan kali itu. Berikut kami share kembali apa yang disampaikan oleh Om Budz, panggilan akrab narasumber kita.

 Apa sih Kelompok Dukungan Sebaya?

  • Tempat berkumpulnya dua orang atau lebih yang mempunyai persamaan senasib dalam hal ini yaitu sama-sama terinfeksi HIV atau orang –orang yang terdampak langsung seperti orang tua, teman, pasangan dan lain-lain.
  • Dukungan sebaya meliputi  orang yang menghadapi tantangan yang sama seperti pasien dengan infeksi tertentu, Komunitas tertentu, Orang-orang dengan permasalahan yang sama misal : Komunitas orang dengan HIV dari berbagai macam faktor resiko, Perempuan dan HIV, Pemakai Narkoba suntik dan HIV dan lain-lain.

Apa keuntungan bergabung dengan kelompok dukungan sebaya? Kelompok dukungan sebaya Menolong kita agar tidak merasa dikucilkan dan sendiri dalam menghadapi masalah, dapat Membuka jalan untuk bertemu orang lain dan berteman, bisa Menolong kita menjadi lebih percaya diri dan merasa kuat dan juga Berfungsi sebagai wadah untuk melakukan kegiatan. Adapun program dalam kelompok dukungan sebaya diantaranya : Study Club, Hospital Visit, Home Visit dan Advokasi.

Study Club adalah Pertemuan rutin yang diadakan KDS dengan tema tertentu dengan mengundang narasumber atau narasumbernya dari pengurus / anggota. Fungsinya Untuk menambah ilmu pengetahuan dan wawasan tentang HIV/AIDS.  Hospital Visit adalah Kunjungan rutin ke Rumah Sakit untuk memberikan dukungan kepada teman-teman yang terinfeksi agar mereka lebih memiliki semangat hidup. Memberikan informasi berupa seri buku kecil yang berkaitan dengan HIV/AIDS kepada keluarga agar informasi dapat diterima dengan tepat  dan Sebagai Buddies apabila dibutuhkan oleh keluarga.  Sedangkan Home Visit adalah Kunjungan rutin kerumah teman-teman yang terinfeksi HIV yang berfungsi untuk memberikan semangat, memberikan konseling sebaya ( curhat ) tentang keadaan kesehatan, sosial, ekonomi, lingkungan. Serta memberi informasi berupa buku seri kecil, kondom, dll. Dan Memberikan rujukan dan pendampingan apabila teman yang sedang kita kunjungi membutuhkan layanan kesehatan.

Siapa Kuldesak Support Group?

Awal berdirinya Kuldesak adalah berdasarkan kebutuhan teman-teman yang terinfeksi HIV dan teman-teman yang terdampak langsung di Kota Depok akan kebutuhan akses layanan untuk Voluntary,Counseling & Testing/Tes HIV Sukarela dan pengobatan penyakit penyertanya, Harm Reduction (Pengurangan dampak buruk pengguna napza suntik dari penyakit menular dan HIV),belum tersedianya ARV & belum adanya KPAD Kota Depok. Program yang ada dalam Kuldesak SG adalah Study Club, Hospital Visit, Home Visit dan Advokasi.

Untuk Study Club diadak setiap 2 minggu sekali. Ada pembahasan mengenai HIV AIDS dan isu yang melingkupi disekitarnya, akan hadir selalu narasumber sesuai tema yang dipilih pada hari itu dan akan ada diskusi serta proses sharing dan tanya jawab.

Inovasi Program dalam Kuldesak SG

Hipnotherapy Class, Kuldesak SG ternyata juga melaksanakan Hipnotheraphy class lho. Wahh, kapan sih? ternyata Dilaksanakan 1 bulan sekali. Pelaksananya adalah dari Relawan dari Fakultas Ilmu Psikologi Universitas Gunadarma & Tim Kuldesak. Tujuan diadakannya Hipnotherapy Class adalah, secara Umum untuk Menanamkan energi positif & mengeluarkan energi negatif. Dan secara Khusus Output Hipnotherapy untuk ODHA adalah mempunyai semangat hidup kembali,menambah kepercayaan diri, selalu berfikir positif.  Juga ada Peningkatan Kapasitas dalam bentuk English Class, Kegiatan Dilaksanakan 1 bulan sekali. Pelaksana kegiatan dibantu oleh Relawan Guru Bahasa Inggris dan kegiatan ini bertujuan untuk Peningkatan pengetahuan bahasa inggris baik lisan maupun tulisan.

Update Perkembangan dari Kuldesak SG

Bahwa saat ini kuldesak Support Group Menjadi sebuah KDS atau Komunitas yang mempunyai legalitas hukum dimata UU Hukum yang berlaku di RI (dalam proses). Mereka Mempunyai 4 divisi Program : Care & Support, Harm & Reduction, PMTS & Media dan mereka juga Mempunyai badan usaha : Event Organiser, Advertising, Warung tenda Bakmi Bangka.

Berikut adalah Indikator keberhasilan Kuldesak Sgserta hambatannya di tahun 2013

  • Melakukan Penjangkauan di 11 Kecamatan yang ada di Kota Depok
  • Komisi Penanggulangan Aids Kota Depok telah berdiri  dan berjalan sesuai Tugas pokok & fungsinya
  • 7 Puskesmas membuka layanan VCT dan IMS
  • RSUD Kota Depok ditahun 2013 sudah membuka layanan VCT, ARV, Rawat jalan & Rawat inap walaupun masih banyak kekurangan baik SDM, Ruangan & waktu praktek
  • Kuldesak telah melakukan sosialisasi  HIV/AIDS ke masyarakat ditingkat RW, Kelurahan, Sekolah dan Kampus .

Bagi teman teman yang ingin mengikuti Webbinar Series dengan Indonesia AIDS Coalition, pantau terus Timeline @koalisiaids dan tentunya akan di Post kembali oleh kami di @odhaberhaksehat dan untuk tau lebih dalam tentang apa sih itu webbinar? Silahkan download tutorialnya di link https://app.box.com/s/i50dok6gjtdcziffbh5i

Dan untuk Presentasi Webbinar series Session Kelompok Dukungan Sebaya bisa di download di link https://app.box.com/s/zixyfwf1rdw4aiow0oh9

Untuk Tahu Kuldesak Support Group lebih dalam: Follow twitter mereka di @KuldesakSg // Website di http://kuldesak.org/

Facebook Comments

Incoming search terms:

  • Kuldesak depok
  • yayasan kuldesak
  • alamat komunitas kuldesak hiv aids
  • contak lsm kuldesak
  • komunitas odha depok
  • Kuldesak de
  • kuldesak org id
  • tulisan kuldesak