Gizi Dalam Makanan yang Sehat & Seimbang

author

sayur

Apakah #SahabatOBS sudah memperhatikan Kandungan Makanan yg masuk dalam Tubuh?

Pengertian ‘makanan seimbang’ adalah makanan-makanan yang memiliki kandungan gizi yang sesuai dengan asupan gizi yang dibutuhkan. Kenapa penting? Karena kebutuhan asupan gizi setiap orang berbeda-beda, tergantung dari jenis kelamin, usia, kapasitas aktifitas keseharian, dan lainnya. Makanan seimbang yang dimaksud haruslah memiliki kandungan zat gizi yang meliputi: Karbohidrat,Protein,Vitamin & Mineral,Lemak dan Serat.

Karbohidrat
Karbohidrat berfungsi sebagai penopang sumber tenaga utama untuk kegiatan sehari-hari tubuh manusia. Zat karbohidrat terdapat pada beberapa makanan diantaranya:
–    Tepung-tepungan (Contohnya: nasi, kentang mie, ubi, singkong, dan lainnya)
Bila tubuh kurang zat karbohidrat, maka tubuh terasa lebih cepat lelah karena kekurangan tenaga dari biasanya.
–    Gula (Contohnya : gula pasir, gula merah, gula batu, sirup, madu dan kue manis.) Namun perlu diwaspadai, pola konsumsi gula perlu dibatasi. Meninjau karena zat gula tidak memiliki kandungan zat gizi lainnya kecuali karbohidrat. Dengan demikian kebanyakan gula hanya akan mengakibatkan kegemukan pada tubuh.

Lemak
Lemak merupakan sumber tenaga juga, namun karena bentuknya lebih memakan waktu dan sulit diserap oleh tubuh. Lemak merupakan zat yang bersifat sebagai cadangan energi bagi tubuh. Lemak yang berlebihan dapat membuat tubuh menjadi gemuk. Lemak terdapat pada minyak, margarin, santan, kulit ayam, kulit bebek dan lemak hewan lainnya.

Protein
Protein berfungsi untuk pertumbuhan tubuh dan mengganti jaringan yang rusak pada tubuh. Jelas sekali kebutuhan zat protein sudah mutlak dibutuhkan oleh tubuh setiap hari. Protein terdapat pada: Ikan, ayam, daging, telur, susu, tahu, tempe serta kacang-kacangan.

Vitamin & Mineral
Seperti telah diketahui bersama, vitamin dan mineral memiliki fungsi untuk membantu melancarkan kinerja tubuh. Vitamin dan mineral banyak terdapat pada sayuran dan buah-buahan.

Serat
Serat memiliki banyak fungsi bagi tubuh, diantara lain :
•    Membantu menurunkan glukosa darah
•    Membantu menurunkan lemak darah
•    Melancarkan buang air besar
•    Membuat perut terasa lebih kenyang

Serat terdapat pada makanan jenis: Roti gandum, buah, dan sayuran segar. Serta Kacang-kacangan, tahu, tempe, bekatul.
Sumber Artikel : http://agungswastika.wordpress.com/kesehatan/makanan-sehat-seimbang/

Also Read

Tags

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.