Just in case
"Viral Load untuk melihat keberhasilan pengobatan HIV, Tidak Terdeteksi = Tidak Menularkan."

Waspada, Kawinkan Obat dan Makanan Ini Berbahaya

images

Via Liputan6.com, Jakarta Bukannya mengurangi gejala penyakit, kombinasi makanan dan obat mungkin dapat berbahaya bagi kesehatan. Seperti diungkapkan Konsultan Apoteker Farmasi, Jen Wolfe, Pharm.D bahwa ada beberapa jenis makanan obat dan makanan yang dampaknya bisa jadi racun bagi tubuh.

Lebih jelasnya, berikut kombinasi makanan dan obat yang berbahaya seperti dikutip laman Menshealth, Rabu (28/5/2014):

1. Jus jeruk dengan obat batuk

Anda mungkin pernah mendengar bahwa jus jeruk dapat memberikan dampak negatif pada lebih dari 50 obat, termasuk obat tekanan darah tinggi seperti statin. Sejumlah senyawa organik, yang diidentifikasi sebagai turunan furanokumarin, dapat mengganggu hati dan menyerap enzim sitokrom P450 isoform CYP3A4 di dinding usus kecil.

Seorang apoteker di Marshfield Clinic di Wisconsin, Mary Ellen Gullickson, Pharm.D mengungkapkan, jus jeruk yang diminum bersama obat juga akan meningkatkan efek samping obat dan ampasnya akan menumpuk di aliran darah. “Bila sampai terjadi, Anda akan merasakan halusinasi, mengantuk, serta kerusakan otot yang parah,” katanya.

2. Susu dan antibiotik

“Beberapa antibiotik, termasuk Cipro sifatnya mengikat kalsium, zat besi, dan mineral lainnya. Artinya, semua jenis susu dan turunannya dapat mengganggu kinerja penyerapan antibiotik yang akhirnya melawan infeksi,” kata Mary.

Mary menjelaskan, ketika Anda mendapatkan resep untuk mengatasi jerawat atau infeksi, tanyakan pada dokter atau apoteker apakah obat yang Anda terima termasuk tetrasiklin atau flouroquinolones. Jika demikian, hindari minum obat tersebut dengan susu, yogurt, dan keju 2 jam sebelum dan sesudah minum obat.

3. Daging dan antidepresan

Ayo, periksa obat yang Anda konsumsi apakah termasuk monoamine oxidase inhibitor atau MAOIs-merek Marplan, Nardil, Emsam, atau Parnate. “Ini penting! karena menggabungkan obat ini dengan makanan yang mengandung tyramine asam amino dapat mengancam jiwa,” kata Mary.

4. Cokelat dan Ritalin

“Selain kafein, cokelat juga mengandung theobromine. Menggabungkan senyawa ini pada obat berbahan kimia dapat menyebabkan perilaku tak menentu seperti kejang,” kata Direktur farmasi di Advocate Illinois Masonic Medical Center di Chicago, Tom Wheeler, Pharm.D., BCPS.

5. Jus apel dan obat-obatan alergi

Mary menyarankan, setelah minum pil antialergi, sebaiknya tunggu empat jam bila Anda ingin minum jus apel. Minuman ini diklaim dapat menghambat peptida yang mengangkut obat dari usus ke aliran darah.

6. Kayu manis dan warfarin

“Kayu manis memiliki senyawa yang disebut coumarin yang dapat mengencerkan darah dan berpotensi menyebabkan kerusakan hati, kata Eric Newman, MD, seorang dokter di Mercy Medical Center di Baltimore.

Credits: Melly Febrida

– See more at: http://m.liputan6.com/health/read/2055698/waspada-kawinkan-obat-dan-makanan-ini-berbahaya#sthash.Oi26rVhK.dpuf

Facebook Comments

Incoming search terms:

  • kayu manis untuk hiv
  • obat mengandung theobromine