Just in case
"Viral Load untuk melihat keberhasilan pengobatan HIV, Tidak Terdeteksi = Tidak Menularkan."

Cerita Kopi Darat OBS di Bandung

Dari sebuah taman di kota Bandung, berkumpulah beberapa orang yang mendapat informasi tentang Kopdar OBS hari itu. di Taman Cibenying, taman yang memang diperuntukan untuk aktifitas masyarakat oleh bapak walikota-nya, ODHA Berhak Sehat bertemu dengan teman teman baru. Setelah kegiatan kopdar sempat diadakan di Jakarta tahun lalu, tahun ini sengaja memilih bandung sebagai destinasi kopi darat. walaupun antusiasmenya sedikit berbeda dengan pada saat di Jakarta, itu tidak menyurutkan semangat teman teman yang hadir saat itu.

IMAG2006

Mereka yang hadir berasal dari berbagai macam latar belakang profesi dan pekerjaan. Ada seorang guru taman kanan kanak, ada yang bekerja di farmasi, ada yang punya kedai kopi di bandung, bahkan ada anak SMA yang jauh jauh dari Jakarta karena ingin mendapatkan informasi serta pengetahuan baru mengenai HIV AIDS. untuk kegiatan kopi darat kali ini, ODHA Berhak Sehat kedatangan teman bernama Indi. Indi adalah seorang penulis, dia sudah memiliki 4 buah buku yang kesemuanya sangatlah inspiratif. Salah satu bukunya berjudul “Waktu Aku Sama Mika” yang bercerita tentang perkenalannya dengan seorang pria yang mengidap HIV AIDS bernama Mika, yang kemudian membuka matanya bahwa hidup ini sangatlah memiliki banyak arti.

Dalam pertemuan kali ini, ada banyak diskusi menarik yang terlontar seperti, bagaimana pendapat mereka jika ada anggota keluarga atau teman dan sahabat terdekat di sekitar kita yang mengidap HIV AIDS. komentar mereka semua sangat positif, hampir semua mengatakan tidak masalah. yang terpenting adalah bagaimana membantunya untuk tetap sehat dan dapat hidup positif dan memberikan dampak yang baik untuk masyarakat. berbagai pertanyaanpun timbul setelah itu, seperti seperti apa rasanya mengkonsumsi terapi ARV, apa efek sampingnya dan bagaimana perasaannya minum obat seumur hidup. pertanyaan lain yang timbul adalah seperti pola kehidupan sehari hari dan berbagi bagaimana menjaga kesehatan yang maksimal.

di sela sela kegiatan, seluruh peserta kopi darat yang sudah membawa snack, masing masing bertukar makanan dan minuman. ada yang membawa roti, cokelat, keripik serta makanan ringan lain. Dalam pertemuan kali ini, Tim ODHA Berhak Sehat ingin mengajak teman teman semua untuk tahu bahwa, kita tidak perlu tahu latar belakang kesehatan seseorang untuk berteman dengan mereka, barangkali diantara kalian ada mereka yang hidup dengan HIV atau mengidap kanker namun tetap masih bisa memberikan manfaat bagi masyarakat, tentunya tidak harus dijauhi. kemudian kita juga bisa berbagi makanan dan minuman dengan siapapun, tentunya dengan aturan tertentu (tidak satu sedotan beramai ramai), dan tentunya bertukar makanan serta makan bersama tidak menularkan HIV AIDS.

IMAG2001

Dalam kegiatan ini, seluruh peserta juga mendapatkan bahan bacaan informasi seputar HIV AIDS dan souvenir seperti sticker dan beberapa mendapat buku karagan Indi. ODHA berhak Sehat mengucapkan terima kasih kepada semua yang hadir dalam kopi darat sekaligus piknik di Bandung ini, semoga kegiatannya bermanfaat ya! 🙂

Facebook Comments