Persiapan ODHA berpuasa

author

Puasa Ramadhan adalah ibadah yang sangat mulia bagi Umat Muslim. Setiap orang berusaha mendekatkan diri pada Allah dengan memperbanyak ibadah dan tidak terkecuali teman-teman yang hidup dengan HIV-AIDS.

Banyak sekali Pertanyaan yang muncul tentunya, apakah teman-teman yang hidup dengan HIV-AIDS dapat berpuasa? Kondisi apa yang diperbolehkan? Kondisi apa yang tidak dianjurkan berpuasa? Dan bagaimana cara minum obat ARV mengingat dengan puasa akan ada interval jarak minum obat lebih dari 12 jam?

sms-bbm-ucapan-puasa-ramadhan

Sebenarnya, ODHA juga dapat berpuasa apabila kondisi fisik mampu dan stabil. Beberapa patokan yang bisa digunakan untuk mengatakan kondisi stabil adalah:
•    Sudah minum obat ARV dengan teratur dan rutin
•    Tidak ada infeksi aktif seperti tuberkulosis, toksoplasmosis, dan lainnya
•    Tidak sedang diare atau mual/ muntah hebat
•    Jika mungkin, kondisi CD4 diatas 200

Bagaimana cara minum ARV selama berpuasa?
Untuk obat yang diminum satu kali sehari, tentunya tidak terlalu banyak perubahan. Untuk obat yang diminum dua kali sehari seperti Coviro, Hiviral, Duviral, Staviral, Aluvia, Neviral, atau Abacavir ada panduannya yakni :
•    Minum obat dosis pertama saat sahur, sebelum adzan shubuh. Imsak bukan berarti kita tidak boleh makan atau minum tetapi pertanda bahwa sebentar lagi adzan subuh. Patokan kita tidak boleh makan atau minum lagi adalah adzan subuh.
•    Minum oabt dosis kedua, segera setelah berbuka puasa
•    Obat ARV dapat diminum baik sebelum atau sesudah makan.

Nah, Jika informasi ini kurang meyakinkan dan kamu masih penasaran. Sebaiknya konsultasikan dahulu dengan dokter mu ya sebelum memutuskan mulai berpuasa. Semoga bermanfaat dan selamat bepuasa ya #SahabatOBS

Sumber Artikel : http://www.pokdisusaids.com/index.php?option=com_content&view=article&id=63:panduan-puasa-untuk-orang-dengan-hiv-aids&catid=3:populer&Itemid=54
Sumber Foto : anamblog.com

 

Also Read

Tags

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.