Just in case
"Viral Load untuk melihat keberhasilan pengobatan HIV, Tidak Terdeteksi = Tidak Menularkan."

Saat Temanmu Sakit

images

Seringkali kita mendapati banyak teman atau sahabat yang terinfeksi HIV jatuh sakit, sehingga harus mendapatkan perawatan intensif baik di Rumah sakit maupun di rumah. Kira kira hal hal apa yang sebaiknya yang kita lakukan saat teman kita jatuh sakit ya, berikut adalah tips tips singkat buat #SahabatOBS semua.

Yang pasti jika #sahabatOBS menjadi Pengunjung rumah sakit akan meiliki makna yang sangat besar. Kalian bisa menjadi suplemen atau obat tersendiri bagi pasien yang sedang sakit. Dapat menjadi penyemangat untuk sehat, sugesti positif dan harapan baru. Namun ada juga hal hal yang perlu diperhatikan, jangan malah kehadiran kita bisa membuat kondisi teman kita bertambah parah, atau malah menyusahkan keluarga pasien.

Nah berikut adalah hal hal yang mesti diperhatikan Jika teman sedang sakit, dan kita hendak membesuknya. Perhatikan baik baik yaaa..

1. Niat tulus ikhlas untuk membesuk. Ini adalah kesempatan yang sangat baik untuk memberikannya semangat dan motivasi untuk si Sakit supaya segera pulih dan sembuh. Karena semangat dari diri sendiri adalah juga menjadi penentu keberhasilan dan kesembuhan pasien.

2. Pastikan kita Mengetahui informasi seutuhnya lokasi pasien dirawat di rumah sakit mana? Ini penting agar tidak buang-buang waktu karena bolak-balik salah alamat. Mengingat banyaknya rumah sakit atau mungkin dirawat di rumah saudaranya. Atau jika memang dirawat di Rumah sakit, denah dan lokasi ruang perawatan terkadang akan sangat membingungkan.

3. Tentukan waktu berkunjung yang tepat yaitu sore atau pagi menjelang siang. Bukan datang pada jam-jam istirahat seperti pagi buta, siang hari atau tengah malam. Atau disesuaikan dengan aturan waktu kunjung rumah sakit setempat. Sebab orang sakit itu juga memerlukan waktu istirahat yang cukup, kalau sepanjang hari bergantian orang menjenguk maka tidak memberi kesempatan istirahat pasien.

4. Apakah kalian Berangkat sendiri atau rombongan? Ini juga penting, datang rombongan tentu lebih efektif dan ringan. Jika sendiri-sendiri dengan waktu yang berbeda-beda dengan datang satu persatu maka itu melelahkan pasien dan penunggu untuk melayaninya.

5. Mempersiapkan oleh-oleh, ini tidak prinsip tapi lebih utama. Meskipun orang sakit biasanya tidak mau makan banyak dan sudah disediakan oleh menu rumah sakit. Sehingga utamakan buah-buah yang bergizi tinggi dan tahan lama seperti buah apel, pir, anggur. Atau makanan jadi seperti nasi, lauk dan airnya karena itu sangat diperlukan oleh penunggu pasien agar tetap fit. Atau membawa uang untuk membantu meringankan pembiayaan selama di rumah sakit.

6. Mencari informasi secukupnya tentang kondisi pasien, jenis sakitnya, sebab-sebabnya dan lain-lain kepada teman atau keluarga yang sudah menjenguknya. Agar saat menjenguk tidak mengulang-ulang pertanyaan atau seperti investigasi sebuah kasus.

7. Kemudian konfirmasi terlebih dahulu sebelum masuk kamar pasien, agar pasien bersiap diri dan tidak panik karena terkadang belum pakai pakaian, jilbab atau yang lain

8. Saat sudah di kamar pasien. Jika pasien terlihat lemah maka banyak komunikasi dengan penjaganya. Karena dialah yang selama ini mengetahui informasi dari dokter dan pasien tentunya.

9. Menghargai pasien lain. Biasanya pasien tidak sendirian di kamar rumah sakit, apalagi kalau kelas ekonomi. Maka harus tetap menyapa pasien lain meskipun tidak kenal. Selanjutnya tidak ribut dengan komunikasi suara yang keras, tertawa terbahak-bahak atau ribut berdebat.

10. Memberi semangat dan harapan positif. Tidak menyalahkan atau memberi informasi negatif dengan cerita-cerita horor, karena bisa mempengaruhi sugesti negatif. Seperti.“Wajar saja kamu sakit karena tidak terkontrol makannya dan tidak bergizi“ atau “Hati-hati ya, tetangga saya kemarin menderita sakit begini ujungnya meninggal“

11. Durasi waktu tidak terlalu lama sampai berjam-jam dan tidak juga beberapa menit karena hanya setor muka. Sekira sudah cukup menghibur dan giliran yang lain maka segera menyudahi waktu jenguk

12. Sebelum pergi hendak mendoakan dengan ramai-ramai, angkat tangan dan suara nyaring agar bisa diaminkan oleh yang lain.

Sumber Tulisan : http://pendidikangratis-anakindonesia.blogspot.com

http://sosbud.kompasiana.com/2014/02/06/tips-menjenguk-orang-sakit-631446.html

 

Facebook Comments

Incoming search terms:

  • Pengalaman menjenguk orang sakit
  • cerita pengalaman menjenguk orang sakit
  • parAgraf yang menceritakan tentang orang sakit
  • Sebutkan hal hal yang disesuaikan ketika ada orang yang sedang sakit
  • apa yang kamu lakukan saat temanmu sedang sakit
  • apa yang dilakukan bila ada teman sakit
  • apa yang kamu lakukan jika temanmu sakit
  • apa yg kalian lakukan jika melihat teman kalian sakit
  • apa yg kalian lakukan jika teman sekelas anda sakit
  • bagaimana sikap kalian jika ada teman yg tidak masuk sekolah karna sakit