Just in case
"Viral Load untuk melihat keberhasilan pengobatan HIV, Tidak Terdeteksi = Tidak Menularkan."

The Moment When We Remember You, Friends

Mungkin kita terlalu sibuk dan kemudian lupa akan sekitar. Lupa bahwa ada dunia diluar dunia kita yang sedang memperhatikan kita. Kerap kali kita tertidur pulas dalam keramaian. Tidak mendengarkan dan melihat kejadian yang terjadi di sekeliling kita. Termasuk mengenang sahabat sahabat yang wafat setelah berjuang melawan AIDS dan melawan kejamnya stigma dan diskriminasi.

black_candle_by_mg1706-d3097ji

International AIDS Candlelight Memorial, diinisiasi oleh Global Network of People Living With HIV. Dimulai sejak tahun 1983, Event ini mengambil moment setiap hari minggu di bulan Mei, biasanya dilaksanakan hampir di setiap negara, di pimpin oleh banyak komunitas dan organisasi di seluruh belahan dunia. Moment ini lebih dari sebuah memorial, melainkan sebuah kampanye global untuk meningkatkan kembali kesadaran masyarakat bahwa HIV AIDS ada. Dengan jumlah pengidap HIV yang lebih dari 33 Juta Jiwa di seluruh dunia, moment ini menjadi pengingat kita untuk meningkatkan solidaritas, Mengenang kembali mereka yang telah wafat dalam perjuangan melawan AIDS, Mengenang kembali kekuatan mereka saat melawan kejamnya stigma dan diskriminasi pada kelompok kunci yang selama ini di Marginalkan, dan Event ini diharapkan dapat kembali memberikan harapan kepada mereka yang masih hidup dengan HIV untuk terus bertahan dan berjuang bersama sama.

ODHA berhak Sehat bersama seluruh Sahabat OBS di seluruh Indonesia. Mengiringkan doa kepada semua sahabat kami, ayah ibu kami, anak anak kami, pasangan, suami, istri ataupun pacar kami, mereka yang pernah dan selalu ada di hati kami. Mereka yang selalu bercerita pada kami tentang bagaimana perjuangan meminum obat setiap hari. Tentang bagaimana perjuangan untuk bekerja tanpa mendapat stigma dan diskriminasi. Mereka yang hidup dengan HIV dan mati saat berjuang, namun tidak Hina di mata kami karena mereka lah pejuang bagi dirinya

Bagi kita semua yang kini membaca tulisan ini. Mari beri penghormatan setinggi tingginya bagi mereka semua sahabat kami yang telah pergi. Semangat mereka untuk hidup seharusnya memberikan kita semua yang masih hidup semangat untuk bertahan dan melawan setiap persoalan yang ada di hadapan kita, bukan lari atau bersembunyi. ODHA Berhak Sehat mengajak semua teman yang hidup dengan HIV untuk menjaga kepatuhan minum obat. Menjaga semangat persaudaraan. Menjaga semangat toleransi. Mengajak semua yang hidup dengan HIV untuk menjaga kesehatan. Mari kita lawan Stigma dan diskriminasi masyarakat dengan berdiri tegak dan membuktikan bahwa kita juga manusia yang patut untuk dihargai.

Kami juga mengajak masyarakat Indonesia yang membaca tulisan ini. Mari kita bersama sama bergandengan tangan untuk bersama sama menciptakan lingkungan yang baik buat semua. Tanpa pilah pilih dia ODHA atau bukan. Berikan ruang seluasnya bagi mereka yang hidup dengan HIV, bagi keluarga serta sahabatnya untuk kembali ke masyarakat. Hentikan stigma dan diskriminasi. ODHA juga manusia sama seperti kita semua. Mari kita tunjukan bahwa kita adalah manusia yang beradab. Bahwa hidup dengan HIV memang tidaklah mudah. Namun perjuangan melawan HIV jangan kita hancurkan dengan stigma dan diskriminasi masyarakat.

Bagi para petinggi negeri, yang memiliki ruang dan wilayah serta kewenangan untuk menentukan kebijakan dalam program penanggulangan HIV AIDS di Indonesia. Kami sangat mengharapkan anda anda semua dapat bekerja bersama komunitas. lebih sensitif dalam membuat penganggaran bagi program penanggulangan HIV AIDS. memastikan semua perencanaan yang telah ada, terlaksana dan terimplementasi dengan baik. kesediaan obat, ketersediaan layanan kesehatan yang komprehensif dan anti diskriminasi. sosialisasi yang massive kepada seluruh lapisan masyarakat. Kami tidak bisa berjuang sendirian, kita harus berjuang bersama sama.

Salam persahabatan, Salam solidaritas.
Berdoa untuk semua sahabat yang telah gugur dalam perjuangan melawan AIDS

Facebook Comments