Just in case
"Viral Load untuk melihat keberhasilan pengobatan HIV, Tidak Terdeteksi = Tidak Menularkan."

Bicara HIV dengan Teman Blogger Makassar

Pertengahan februari 2015 kemarin tepatnya tanggal 18, Tim ODHA Berhak Sehat yaitu kak @ayuma_morie dan kang @Banirisset sedang berada di Makassar untuk kegiatan Training pemanfaatan Social Media bersama Indonesia AIDS Coalition. Dalam kesempatan yang sama, mereka beruntung sekali lho, kenapa? Karena Komunitas Blogger Anging Mamiri mengundang mereka untuk diskusi santai tentang HIV AIDS bersama kawan kawan Blogger di Kota Makassar. Wah Seru ya!

TSAM

Poster Kegiatan Diskusi HIV AIDS #TSAM

Komunitas Blogger Anging Mamiri yang sering banget nongkrong dan kumpul kumpul berdiskusi di Kedai Pojok Adhyaksa ini, merupakan Komunitas Blogger Paling Populer di Makassar. terdiri dari banyak komunitas di dalamnya, namun tetap konsist untuk bersama sama mengumpulkan anak muda yang memiliki kepedulian baik terhadap Kota kelahiran mereka Makassar, maupun terhadap issue issue yang mereka bawa selama ini. Ketua komunitas, Syarifullah atau yang akrab dipanggil daeng Gassing atau Daeng ipul ini, mengatakan bahwa ide pembentukan datang dari sejumlah blogger lokal yang merasa tertantang untuk membentuk komunitas di Makassar karena komunitas sejenis telah lahir di kota lain. Dan kami, ODHA Berhak Sehat merasa sangat beruntung lho, dapat berjejaring dengan Daeng Ipul dan teman teman.

Kegiatan dimulai sekitar pukul 8 malam. ani dan Ayu yang sejak pukul 18.30 waktu Makassar, telah dijemput oleh kawan Blogger dan diantar sampai tempat tujuan. Jaraknya lumayan jauh, tapi kedua #SahabatOBS kita tidak kalah semangatnya. Setibanya disana, di Kedai Pojok Adhyaksa, atmosfir komunitas terasa sangat kental dan hangat. Tempat yang tidak mewah, dapat dibilang sangat sederhana, namun terasa seperti rumah. deretan bangku dan meja tempat banyak orang biasa ngopi dan ngobrol santai berjejer rapih. Parkiran pun sudah terlihat hampir penuh terisi oleh kendaraan orang orang yang akan mengikuti kegiatan “Tudang Sipulang Anging Mamiri” nama kegiatan tersebut.

IMG_20150218_235545

Ki-Ka : @BaniRisset, @ayuma_morie dan @LelakiBugis

Sebutlah Om Ancu atau yang keren dikenal di twitter dan dunia social media sebagai @Lelakibugis ini, didaulat menjadi pembawa acara pada malam itu. Kami mengenal Om Ancu tidak lain dan tidak bukan melalui social media, profilnya yang sangat hangat dan menyenangkan, membuat kami nyaman berkawan dengan beliau. Selain aktif di Social media, dan Komunitas Blogger Makassar, teman teman dapat mengenalnya lebih dekat di link blognya http://lelakibugis.net/.

IMG_20150218_235526

Ramainya suasana Diskusi

kegiatan lalu dimulai dengan perkenalan dari kak ayu dan Kang Bani. Dimana mereka diminta menceritakan sejarah terbentuknya dan berdirinya ODHA Berhak Sehat sebagai sebuah gerakan masyarakat yang mengajak lebih banyak orang peduli terhadap isu HIV AIDS. Setelah itu Om Ancu sang Host, bertanya tentang banyak hal seperti informasi HIV Dasar, seperti apakah HIV dan AIDS itu, bagaimana HIV dapat menular dan cairan tubuh apa sajakah yang dapat menularkan HIV. Ayu dan Bani juga menceritakan tentang masih begitu banyak stigma dan diskriminasi dari Masyarakat kepada ODHA (Orang yang hidup dengan HIV). Salah satunya, adalah penggunaan kata ‘Penderita’ masih sangat lekat dan akrab diberikan kepada mereka yang hidup dengan HIV. Padahal terminologi tersebut sesungguhnya sangat negatif dan membuat seseorang dengan penyakit tertentu dapat sangat menjadi lebih lemah kondisinya daripada kondisi sebenarnya. Hal itu dikarenakan cap negatif yang tertempel pada ODHA, adalah orang orang yang menderita dan kesakitan. Maka Bani dan Ayu hadir disana, menjelaskan hal tersebut, untuk pelan pelan mengajak #SahabatOBS di Makassar, merubah paradigma tersebut.

Saat sesi tanya jawab, tim tidak menyangka bahwa banyak sekali yang sangat antusias bertanya kepada ODHA Berhak Sehat. pertanyaan spesifik mengenai Program Pencegahan HIV pada orangtua dan anak anak, lalu soal kasus Menteri Perdagangan yang memberikan statement salah tentang baju bekas, juga mengenai upaya serta strategi advokasi dan kampanye yang biasa dilakukan oleh tim ODHA Berhak sehat kepada Masyarakat di Indonesia.

IMG_20150218_235517

Foto Bersama (sebagian) Blogger Makassar

Bagi ODHA berhak Sehat, malam itu merupakan malam yang sangat menyenangkan. Selain dapat menyampaikan informasi mengenai HIV AIDS, tim OBS merasa bahwa ruang ruang seperti ini sangatlah dibutuhkan oleh banyak lapisan masyarakat. Untuk membuka mata mereka mengenai HIV AIDS, bagaimana mencegah infeksi baru, bagaimana agar masyarakat waspada dan tidak tertular HIV, bagaimana masyarakat dapat belajar bahwa manusia dengan latar belakang apapun, dengan penyakit apapun tidak sepatutnya diperlakukan berbeda dengan mereka. terima kasih banyak kawan kawan Makassar yang sudah memberikan kesempatan kepada kami. Semoga jalinan informasi yang sudah terjalin baik ini dapat terjaga.

 

Facebook Comments

Incoming search terms:

  • bagaimana menjadi relawan hiv aids di MAkassar
  • poster tentang hiv/aids dlam bahasa makassae
  • stigma media terhadap Odha di makassar