Just in case
"Viral Load untuk melihat keberhasilan pengobatan HIV, Tidak Terdeteksi = Tidak Menularkan."

Olahraga Rutin Mampu Tingkatkan Kemampuan Otak Pasien HIV

Olahraga tak hanya dianjurkan bagi orang sehat saja. Baru-baru ini ada sebuah penelian yang menyebutkan jika olahraga dapat meningkatkan kesehatan otak pengidap HIV. Sudah lama diketahui jika virus HIV menyerang sistem kekebalan tubuh manusia. Sehingga, mereka yang mengidapnya memiliki daya tahan tubuh yang kurang kuat serta gampang terkena infeksi.

sumber gambar : www.ryersonrams.ca

sumber gambar : www.ryersonrams.ca

Rupanya, tak hanya itu, virus HIV ternyata juga mengakibatkan kurangnya kemampuan berpikir dan mudah lupa. Setidaknya, sebagian dari pengidap HIV/AIDS punya problem dalam menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan ringan seperti menyetir, minum obat sesuai jadwal, serta mengatur keuangan. Dilansir dari Merdeka, penelian terbaru yang dilakukan menemukan solusi mudah serta murah untuk membantu pasien HIV meningkatkan kemampuan otak.

Diungkapkan dalam penelitian yang dilakukan di University of California bahwa pola hidup sehat dan olahraga yang teratur dapat mencegah rusaknya saraf otak pasien HIV. Khususnya, yang berkaitan dengan kemampuan kognitif. Hasil ini didapat dari penelitian yang diuji cobakan dengan melibatkan 335 pasien HIV. Para pasien ini ditanyai tentang kegiatan olahraga yang paling sering dilakukan. Selepas itu, mereka menjalani serangkaian tes yang berkaitan dengan kemampuan fungsi otak.

Seperti kecepatan mengolah informasi, fungsi motorik, ingatan, belajar, serta kelancaran berbahasa. Hasilnya, hanya sekitar 50 persen pasien HIV yang rutin berolahraga yang kemungkinan akan mengalami penurunan fungsi mental. “Olahraga dan kegiatan fisik bersamaan dengan faktor gaya hidup lainnya seperti diet, kegiatan sosial, serta pendidikan bisa bermanfaat untuk membantu orang yang terkena HIV,” ungkap Dr David Moore dari University of California. Selain meningkatkan kemampuan otak, olahraga bermanfaat bagi pasien HIV untuk menangkal penimbunan lemak dalam darah dan menurunkan tekanan darah tinggi.

Sumber : http://www.infospesial.net/29627/olah-raga-rutin-mampu-tingkatkan-kemampuan-otak-pasien-hiv/

Facebook Comments

Incoming search terms:

  • olahraga dan hiv
  • olah raga sembuhkan hiv
  • apa olah raga bisa menyembuhkan penyakit hiv
  • olahraga yang dianjurkan untuk hiv
  • olah raga dapat sembuhkan hiv
  • olah raga bagi penderita hiv
  • olah raga apakah untuk menghilangkan penyakit hiv
  • latihan yg meningkatkan bagi orang hiv
  • bisa kah penyakit hiv olah raga vitnes
  • apakh olh raga bsa sembhkn hiv aids