Just in case
"Viral Load untuk melihat keberhasilan pengobatan HIV, Tidak Terdeteksi = Tidak Menularkan."

Endorfin, Zat Yang Sangat Bermanfaat Bagi Tubuh ODHA

p (1)Sahabat OBS semua, tahu gak, ada sebuah zat di dalam tubuh yang memiliki manfaat dan khasiat yang sungguh luar biasa. Banyak banget diantara kita yang tidak menyadari atau malah gak tahu nih, akan keberadaan hormon ini. Tanpa harus melanglang buana mencari kebahagiaan dan cara untuk sehat serta bahagia, kita punya sendiri lho di dalam tubuh kita.

Nah, zat tersebut namanya ENDORFIN. Endorfin adalah analgesik alami yang diproduksi pada saat kesusahan, sakit, atau kegiatan fisik yang intensif. Mereka membawa perasaan kesejahteraan dan euforia sementara. 20 jenis endorfin dihasilkan dalam tubuh manusia. Obat penghilang rasa sakit alami ini terbuat dari asam amino, dan jauh lebih kuat daripada morfin. Beta-endorphin adalah 18 – 50 kali lebih kuat, dan dinorfin hampir 500 kali lebih kuat dari morfin.

Bahan kimia ‘perasaan nyaman’ ini dilepaskan dalam sistem saraf setelah latihan berat, konsumsi makanan pedas dan cokelat, tertawa, atau melakukan aktivitas seks. Endorfin, disekresi oleh kelenjar hipofisis, memainkan peran yang berbeda dalam tubuh. Banyak orang kecanduan berolahraga, dan salah satu faktor utama untuk obsesi ini adalah produksi endorfin dalam tubuh setelah latihan berat. Efek menenangkan dari bahan kimia ini mirip dengan perasaan menggunakan opium dan morfin seperti pengalaman pengguna narkoba.

Fungsi utama dari endorfin adalah untuk memblokir reseptor opioid pada sel-sel saraf, sehingga mengganggu transmisi sinyal rasa sakit. Menyusul peristiwa trauma besar, beta-endorfin dihasilkan, yang dianggap untuk menghilangkan rasa sakit dan menghasilkan euforia untuk sebagian besar. Euforia ini dikatakan menanggung luka serius setelah peristiwa traumatis sampai tibanya bantuan, serta melakukan upaya putus asa untuk menyelamatkan diri atau lainnya.

Hormon Endorfin dapat Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Lho!

Lho kok bisa. Iya karena Sel pembunuh alami adalah bagian dari sistem kekebalan tubuh yang membunuh sel-sel perusak, dan juga memiliki kemampuan untuk melawan sel-sel kanker. Saat Stres mempengaruhi kemampuan sel-sel pembunuh alami ini untuk menghasilkan respon imun. Endorfin dapat memicu produksi sel-sel pembunuh alami ini, sehingga memperkuat sistem kekebalan tubuh. Endorfin juga membantu menurunkan tekanan darah, dengan mencegah luka pada pembuluh darah.

Selain itu, Hormon Endorfin juga dapat Mengurangi Stres. Setiap kali Anda sedang stres, tingkat endorfin dalam tubuh meningkat, dan akan membantu Anda mengatasi stres. Jumlah endorfin yang cukup dibutuhkan untuk mengurangi stres dan ketegangan dalam tubuh. Nah, Hormon Endorfin juga dapat Memperkuat Ikatan Hubungan, menciptakan rasa kesejahteraan dan keamanan. Berkontak fisik dengan orang yang mempunyai ikatan dengan Anda, melepaskan bahan kimia ini, yang menenangkan saraf Anda untuk menciptakan perasaan tenang dan damai. Hal ini membantu dalam memperkuat ikatan yang memainkan peran utama dalam hubungan jangka panjang. Yang kerennya lagi, Hormon Endorfin dapat Penundaan Proses Penuaan, dengan menghapus superoksida dari tubuh. Superoksida Ini adalah molekul yang menyerang sel-sel hidup, dan menyebabkan penyakit dan penuaan.

Oh ya, Endorfin atau Tingkat candu alami ini dalam tubuh wanita dapat meningkat menjelang akhir kehamilan pada perempuan. Dalam melahirkan normal, terus meningkat stabil dan tajam, yang membantu seorang wanita menahan rasa sakit. Tingginya kadar endorfin menginduksi kewaspadaan dan euforia pada seorang wanita. Hal ini membuatnya lebih penuh perhatian, penuh kasih, dan peduli sambil mulai mengenal bayinya. Dengan demikian, endorfin dianggap memainkan peran penting dalam memperkuat ikatan antara ibu dan bayinya pada periode pasca melahirkan. Dan juga diyakini bahwa penurunan kadar endorphin mungkin menjadi alasan di balik banyak wanita mengalami ‘Blues’ atau depresi, pasca bersalin.

Hormon Endorfin dapat Mempengaruhi Sel Otak, membantu meningkatkan memori dan mempengaruhi belajar. Namun, penelitian tetap dilakukan untuk mekanisme yang tepat mengenai efek endorfin pada sel-sel otak, dan dampaknya pada sistem limbik otak.

Tulisan Diambil dari berbagai sumber.

Facebook Comments

Incoming search terms:

  • endorfin untuk hiv