Just in case
"Viral Load untuk melihat keberhasilan pengobatan HIV, Tidak Terdeteksi = Tidak Menularkan."

Mengapa Perlu Tes HIV?

Photo by Jon Rawlinson/ CC BY 2.0

Bulan Desember identik dengan Hari AIDS Sedunia, yang diperingati dengan “perayaan-perayaan” yang mungkin sifatnya hanya seremonial saja. Lebih baik kita mengajak #SahabatOBS untuk tes HIV saja. Lalu timbul pertanyaan, memangnya saya perlu tes HIV?

Kamu harus melakukan tes HIV jika kamu telah:

  • berhubungan seks tanpa kondom,
  • memakai jarum suntik secara bersamaan (saat menyuntikkan narkoba, hormon, atau bahkan silikon),
  • menjadikan diri kamu beresiko tertular HIV dengan cara lain, atau apabila kamu khawatir mungkin telah tertular.

Satu-satunya cara untuk mengetahui apakah kamu tertular HIV adalah dengan cara ikut tes HIV. Banyak orang merasa gugup tentang hal itu, tetapi alasan kamu untuk ikut tes HIV adalah jauh lebih besar daripada alasan untuk tidak melakukan tes.

Mengapa ikut tes HIV?
Tes HIV itu cepat dan mudah kok.

Mendapatkan tes HIV itu cepat, mudah dan murah (bahkan sering kali gratis). Ini juga satu-satunya cara untuk mengetahui dengan pasti apakah kamu telah terinfeksi.

Lebih baik untuk mengetahui statusmu!

Itu normal jika kamu merasa khawatir tentang HIV. Tapi mengapa membiarkan dirimu takut pada hal yang tidak diketahui? Pengujian awal untuk tes HIV dapat membantu menenangkan pikiran dan mengurangi kecemasan karena tidak tahu status.

Apakah hasil tesnya kamu adalah negatif, atau positif, itu selalu lebih baik untuk mengetahuinya sehingga kamu dapat melanjutkan hidup Anda, atau memulai pengobatan jika diperlukan. Dan ingat, hasil tes mungkin tidak sesuai dengan apa yang kamu harapkan.

Hal ini dapat membantu kamu hidup lama serta sehat

Jika ternyata kamu telah tertular HIV, terdiagnosis pada tahap awal berarti bahwa kamu memiliki kesempatan hidup yang lebih baik dan lebih lama serta lebih sehat. HIV menyerang sistem kekebalan tubuhmu. Jika kamu didiagnosis lebih awal, kamu memiliki kesempatan lebih besar untuk melindungi sistem kekebalan tubuhmu sebelum terlalu lemah dan kamu menjadi sakit.

Dengan pengobatan dan perawatan yang tepat , orang yang hidup dengan HIV (ODHA) mempunyai kesempatan untuk hidup selama rata-rata orang, jadi penting untuk mengontrol kesehatanmu dengan melakukan tes HIV.

Ini berarti kamu dapat mengakses pengobatan ARV

Didiagnosa di awal juga berarti kamu bisa mendapatkan pengobatan secara dini dan membantu melindungi pasangan seksualmu saat ini dan di masa depan. Pengobatan HIV, yang disebut obat antiretroviral (ARV), membantu menurunkan kadar HIV dalam tubuhmu, yang berarti HIV tidak dapat menyerang sistem kekebalan tubuhmu. Ikut tes HIV berarti bahwa kamu dapat mengakses pengobatan ARV sebelumnya – ini akan membantu kamu hidup lama dan sehat.

Mendukung hubungan seksual yang sehat

Mengikuti tes HIV dengan teratur berarti bahwa kamu dapat menjaga kesehatan seksualmu dan pasangan. Jika kamu positif, kamu dapat mencegah HIV ditularkan ke pasanganmu dengan menggunakan kondom dan dengan mengikuti pengobatan.

Katakan dalam diri kamu: #sayaberani !

Facebook Comments