Just in case
"Viral Load untuk melihat keberhasilan pengobatan HIV, Tidak Terdeteksi = Tidak Menularkan."

Pentingnya Terapi ARV bagi Kesehatan ODHA

We need Antiretroviral drugs now HIV patientsDulu, HIV AIDS dikenal sebagai penyakit yang mematikan dan yang tidak ada obatnya. Sekarang ada obat yang dapat menekan penggandaan virus itu dalam darah kita sehingga jumlah virus menjadi sangat rendah. Obat tersebut dikenal sebagai antiretroviral (ARV), dan umumnya harus memakai 3 macam obat bersamaan, yang disebut sebagai terapi antiretroviral.

ART yang tersedia saat ini di Indonesia umumnya harus dipakai dua kali sehari dengan kepatuhan tinggi. Karena HIV tetap ada di tubuh kita, dan tanpa obat akan mulai menggandakan diri lagi, ART harus dipakai untuk seumur hidup. Dengan memakai ART secara teratur, jumlah virus dalam darah kita menjadi sangat rendah (viral load) sehingga kita tidak menularkan HIV pada orang lain.

Saat ini, Kementrian kesehatan sudah mulai mensosialisasikan, bahwa angka CD4 sudah tidak jadi patokan untuk mulai terapi ARV. Namun Dalam implementasinya, kadang dokter Masih mengacu pada  pada jumlah CD4 di beberapa layanan rumah sakit. ARV juga sebaiknya segera dimulai, jika Infeksi Oportunis Berat atau jumlah virus yang tinggi. Oiya, Jumlah virus itu bisa diketahui dengan tes yang bernama Viral Load. Biayanya berkisar 600.000 – 1.200.000. Angka virus tinggi & atau ada IO berat, maka meskipun angka CD4 tinggi maka pasien akan dianjurkan tetap memulai terapi ARV.

ARV harus di minum seumur hidup oleh ODHA. Tepat waktu dan dengan komitmen tinggi. Hal ini dikarenakan untuk menjaga fungsi dan kadar obat dalam darah supaya bisa terus bekerja dengan baik. Bagi teman ODHA yang mau memulai ARV, pastikan kalian memiliki komitmen utk terus minum dengan baik dan tidak berhenti ditengah jalan. Konsultasikan dengan dokter kalian, dan cari dukungan sebagai pengingat minum obat baik keluarga ataupun teman dan pasangan.

Jika terjadi masalah seperti kelangkaan atau kekosongan obat di Farmasi, Rumah sakit tempat kalian mengakses obat ARV jangan diam saja. Segera menghubungi dokter-mu. atau hubungi tim Indonesia AIDS Coalition dengan saudara Irwandi Widjaja di kontak telfon 08111915728 atau email ke irwandy@iac.or.id

 

Facebook Comments

Incoming search terms:

  • manfaat arv bagi odha
  • odha dgn ARV
  • odha arv
  • apa manfaat arv bagi odha
  • masa hidup odha dgn arv
  • pengertian io bagi odha
  • Odha dgn aids dan arv
  • odha dgnvarv
  • Odha oportunis bisa sehat dgn arv?
  • org yg terapi arv