Just in case
"Viral Load untuk melihat keberhasilan pengobatan HIV, Tidak Terdeteksi = Tidak Menularkan."

Berkenalan dengan CD4 dan CD8

Menjadi seorang yang baru saja memasuki babak kehidupan yang berbeda dalam hidupnya, seorang ODHA baru, sering kali bingung dengan banyaknya istilah-istilah asing yang sekarang menjadi bagian dalam dirinya. CD4 anda akan drop jika gini jika gitu, bla bla bla. Apa pula CD4 itu bah? Pusing sekali awak ini.

Begini, CD4 itu adalah salah satu jenis sel darah yang menjadi bagian dari sistem pertahanan tubuh kita. CD4 merupakan jenis sel darah putih atau dikenal sebagai lymphocyte. Lho Min, darah kan merah, ada juga ya darah putih. Sebenarnya sich engga putih, tapi bening. Ok kembali ke leptop…. sel-sel CD4 ini julukannya adalah T-helper cells atau disingkat T-cells. Sampai sini sudah paham belum kau?

Ada dua jenis utama T-cells.
1. sel-sel CD4, disebut juga sel-sel T4, adalah sel-sel penolong (helper). Mereka ini adalah sel-sel yang akan maju pertama kali jika terdapat infeksi dalam tubuh kita.
2. sel-sel CD8, disebut juga sel-sel T8, merupakan sel-sel supressor, sebagai bala bantuan bagi sel-sel CD4 yang telah maju duluan. Semacam pasukan khusus gitulah kalau di medan perang bah. Fungsi lain sel-sel CD8 juga sebagai team pembunuh, yang membunuh sel-sel kanker atau bahkan sel tubuh yang terinfeksi penyakit atau virus.

Perbandingan (rasio) CD4 dan CD8 dalam kondisi normal seharusnya adalah jumlah CD4 lebih banyak daripada CD8, mirip dalam sistem pertahanan negara kan, prajurit selalu lebih banyak daripada pasukan khusus.
Setelah terjadinya infeksi HIV, sel-sel CD4 akan berkurang secara drastis, karena virus HIV secara khusus akan “memakan” sel-sel CD4. Sehingga perbandingan antara CD4 dan CD8 akan menjadi tidak imbang. Misalnya saat pemeriksaan CD4 diperoleh hasil jumlah CD4 200, ini artinya jumlah sel-sel CD4 hanya sekitar 14-15% dari total lymphocytes (bingung lagi kan, baca lagi ke atas ya). Dalam kondisi normal (tanpa suatu infeksi), jumlah CD4 adalah 460-1600, ada sumber lain yang mengatakan sekitar 500-1500, tidak jauh beda bukan?

Tetapi sebenarnya hasil tes tersebut merupakan pendekatan dalam mengetahui kondisi sel-sel CD4 dalam tubuh. Dalam kondisi sesungguhnya sel-sel CD4 keluar masuk dari organ tubuh menuju pembuluh darah dan sebaliknya. Jadi yang bisa dihitung hanya jumlah sel-sel CD4 yang berada dalam pembuluh darah saja. Jumlah CD4 dalam aliran darah akan berubah-ubah dalam hitungan jam seiring para pasukan kecil ini keluar masuk jaringan tubuh untuk peperangan yang tiada henti.

Prosentase CD4 (CD4%)
Prosentase ini merujuk ke prosentase sel-sel lymphocyte yang merupakan sel-sel CD4. Di bagian atas tadi sudah dijelaskan bahwa lymphocytes atau sel-sel darah putih ada banyak jenisnya. Rata-rata manusia dewasa tanpa HIV hasil tes CD4% adalah 25%-65%.

Rasio CD4:CD8
Penghitungan rasio perbandingan antara CD4 dengan CD8 kadang-kadang juga dilakukan, walaupun jarang. Penghitungan ini hanya untuk melihat keseimbangan sistem pertahanan tubuh kita. Pada manusia tanpa infeksi HIV, jumlah rasio CD4:CD8 adalah 0.9 sampai 1.9, yang artinya setiap satu sel CD8 ada 1-2 sel CD4.

Bagaimana mempertahankan jumlah CD4?
1. Hambat musuh yang menyerang, yaitu virus HIV. Saat ini HANYA BISA dilakukan dengan memulai terapi ARV. Bagaimana dengan herbal? Herbal mungkin bermanfaat untuk menjaga stamina, tetapi TIDAK DAPAT menghambat perkembangan virus HIV.
2. Bantu tubuh memproduksi sel-sel CD4, yaitu dengan mengkonsumsi makanan bernutrisi.

Referensi:
http://i-base.info/qa/20
http://www.thebody.com/Forums/AIDS/Labs/Q202816.html
http://www.thebody.com/Forums/AIDS/Meds/Q204607.html
http://i-base.info/qa/6204

Facebook Comments

Incoming search terms:

  • pemeriksaan cd4 dan cd8
  • cd 4
  • cd4 normal berapa
  • cd 8
  • cd8 adalah
  • apa itu kontrol CD4
  • test cd4
  • odha dan cd4
  • cara cek CD4
  • cd4 dan cd8