Just in case
"Viral Load untuk melihat keberhasilan pengobatan HIV, Tidak Terdeteksi = Tidak Menularkan."

Hari Kasih Sayang

Valeintine’s Day adalah hari kasih sayang, terlepas dari pro kontra pendapat masyarakat Indonesia mengenai hal ini. Banyak pasangan yang bertukar kado dengan pasangan masing-masing, namun sayangnya bukan hanya kado saja yang dipertukarkan pada hari itu. Adalah penting untuk menghindari aktifitas intim yang dapat membuatmu atau orang yang kamu sayangi dengan resiko untuk tertular virus HIV.

Selalu ingat ya, kasih sayang bukan berarti harus diartikan dengan berhubungan seksual. Namun apabila hal itu yang kamu inginkan, ingat stay safe stay healthy. Karena orang dengan HIV tidak dapat dilihat secara penampakan fisik saja neng. Orang dengan HIV bisa saja tetap terlihat gagah atau cantik. Bukan maksud Mimin untuk mendiskriminasikan ODHA ya, namun banyak orang yang sudah terinfeksi HIV pun belum sadar bahwa dirinya sudah tertular. Jadi daripada main tebak-tebakan, pergunakanlah kondom selalu. Tapi kami kan sudah menikah Min. Oke, baca dulu yang ini nich.

Lalu, bagaimana bagi yang sudah terlanjur melakukan hubungan seks tanpa pengaman (mau ngomong kondom kok repot sich Min). Segera ikut tes HIV secara sukarela atau disebut sebagai VCT (voluntary HIV counseling and testing). Dimana #SahabatOBS dapat melakukan tes HIV? Sekarang di puskesmas kecamatan di dekatmu bisa kok. Jika kamu merasa malu dan takut ketahuan tetangga, boleh juga kok datang ke layanan lain yang agak jauhan dikit.

Sepertinya, melakukan tes HIV berdua bersama pasanganmu kan romantis juga ya.

Bagaimana jika saya divonis HIV oleh dokter? Terinfeksi HIV bukan vonis hukuman mati lho sekarang. #SahabatOBS dapat segera memulai terapi ARV. Untuk tempat akses ARV baca nich di artikel ini.

Selamat merayakan Valentine’s Day buat #SahabatOBS yang merayakannya, bagi yang engga, ngga usah baper ya.

Facebook Comments