Just in case
"Viral Load untuk melihat keberhasilan pengobatan HIV, Tidak Terdeteksi = Tidak Menularkan."

Hari Pers Nasional

Tahukah #SahabatOBS bahwa hari ini tanggal 9 Februari diperingati sebagai Hari Pers Nasional? Ceritanya tepat pada 9 Februari 1946, organisasi insan pers pertama, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) terbentuk dengan anggota yang berasal dari seluruh penjuru Indonesia. Dalam sejarah mencapai Indonesia merdeka, wartawan Indonesia tercatat sebagai patriot bangsa bersama para perintis pergerakan di berbagai pelosok tanah air. Di masa pergerakan, wartawan bahkan menyandang dua peran sekaligus. Wartawan berperan sebagai aktivis pers yang melaksanakan tugas-tugas pemberitaan dan penerangan guna membangkitkan kesadaran nasional.

Selain itu wartawan juga berperan sebagai aktivis politik yang melibatkan diri secara langsung dalam kegiatan membangun perlawanan rakyat terhadap penjajahan. Kedua peran tersebut mempunyai tujuan tunggal, yaitu mewujudkan kemerdekaan bangsa dan negara Indonesia.

Dunia pers memang terus bertranformasi, terutama setelah internet menjamah peradaban manusia. Siapa sich yang saat ini tidak memiliki koneksi internet? Makanya karya jurnalistik tak hanya bisa dibaca lewat surat kabar atau media cetak lainnya, tapi juga dibaca lewat berbagai perangkat elektronik canggih yang tak bisa dipisahkan dari kehidupan masyarakat modern.

Nah mengingat bahwa teman-teman pers memiliki andil dalam menyebarluaskan informasi, bagaimana jika kita sebagai komunitas terdampak HIV juga mendekati dan menggandeng pers agar dapat “memanfaatkan” mereka sebagai agen penerangan kepada masyarakat luas tentang HIV? Saat ini sebagian besar penyebaran informasi HIV hanya terbatas dilakukan oleh lembaga swadaya masyarakat (LSM) dan ditujukan ke kelompok tertentu saja (disebut sebagai populasi kunci). Sementara di masyarakat awam sering kali terlupakan sehingga sering kali termakan oleh informasi hoax yang disebarkan oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab. Bahkan sedihnya, masih banyak pejabat yang percaya terhadap berita hoax tersebut.

Yuk kita dekati teman-teman wartawan agar mereka bisa menjadi agen penerangan informasi yang benar tentang HIV. Selamat memperingati Hari Pers Nasional!

Facebook Comments