Just in case
"Viral Load untuk melihat keberhasilan pengobatan HIV, Tidak Terdeteksi = Tidak Menularkan."

Selamat Hari Hepatitis Sedunia

Tau ngga sich #SahabatOBS hari ini hari apa? Hari Jumat kan? Eh bener juga sich, tapi bertepatan dengan tanggal 28 Juli ini, juga diperingati sebagai Hari Hepatitis Sedunia oleh WHO (Badan Kesehatan PBB). #SahabatOBS sudah paham belum mengenai hepatitis? Sebenarnya hepatitis sendiri dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu Hepatitis A, B, C, D, dan E mungkin sebagian orang lebih familiar dengan hepatitis A, B dan C dibanding dengan 2 yang lain yaitu Hepatitis D dan E. (Baca juga: Mengenal Hepatitis C – Bagian 1)

 

Pada tahun ini, WHO kembali menginformasikan kembali bahwa kematian akibat hepatitis yang terus meningkat sebesar 22 persen dalam beberapa tahun terakhir. Jumlah ini setara dengan kematian akibat TBC dan HIV/AIDS. Menurut Margaret, epidemi hepatitis telah membunuh 1,34 juta orang pada 2015. Sebanyak 96 persen kematian terjadi akibat hepatitis B (HBV) dan hepatitis C (HCV).

Di Indonesia sendiri, menurut data Buyers Club dari Mei sampai Juni 2016, terdapat 102 pasien Hepattis C yang membutuhkan perawatan obat-obatan mengenai penyakitnya. Hal ini sudah terlihat jelas bahwa memang penderita Hepatitis cukup banyak di Indonesia dan membutuhkan penanganan yang cepat dalam pengobatan sebelum terlambat. (Baca juga: Suara Pasien untuk Indonesia, Hari Hepatitis Sedunia 2015)

Tapi sekarang muncul lagi pertanyaan, apakah sampai saat ini informasi mengenai hepatitis sendiri sudah cukup merata untuk diketahui seluruh lapisan kalangan. Kali ini OBS ingin mencoba untuk memberikan sedikit ilmu yang kami miliki mengenai hepatitis yang mungkin bisa menambah wawasan #SahabatOBS. (Baca juga: SIARAN PERS – Aksi Damai ‘Koalisi Obat Murah’di Hari Hepatitis Sedunia 28 Juli 2015)

Pertama kita coba mengingat apa sih Hepatitis itu?
Hepatitis berarti radang hati. Radang adalah reaksi alami tubuh terhadap luka atau infeksi. Contohnya : hepatitis dapat diakibatkan oleh infeksi Virus, atau konsumsi alcohol yang berlebihan. Beberapa obat juga dapat menyebabkan hepatitis. (Baca juga: Situasi Hepatitis C dan Peran Komunitas)

Pengobatan untuk penyakit hepatitis yang bisa dilakukan salah satunya adalah dengan menggunakan obat antiferon. Sebenarnya hepatitis sendiri bisa dicegah, beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah hepatitis yaitu:

  1. menjaga kebersihan diri
  2. Menghindari makanan yang tak terjaga kebersihannya
  3. Hindari daging mentah atau yang kurang matang.
  4. Jangan membeli makanan dari PKL yang kebersihannya tak terjaga.
  5. Melakukan vaksinasi hepatitis A (hepatitis B bila perlu) jika belum ada antibodi terhadap Hepatitis A.
  6. Memasak air sampai mendidih adalah metode terbaik untuk menghilangkan virus Hepatits A.
  7. Makanan siap saji agar segera dimakan langsung.
  8. Menghindari kontak seksual dengan orang yang memiliki akut atau kronis hepatitis B.
  9. Menghindari tatoo dan tindikan.
  10. Menghindari berbagi barang pribadi, seperti pisau cukur atau sikat gigi dengan orang yang terinfeksi.
  11. Untuk pasien agar menutup luka yang terbuka agar darah tidak kontak dengan orang lain.
  12. Pasien tidak diperbolehkan mendonorkan darah, organ, ataupun sperma.
  13. ImunisasiSumber:
    http://health.liputan6.com/read/2928873/kematian-akibat-hepatitis-kian-meningkat
    http://health.liputan6.com/read/2280616/13-cara-mudah-mencegah-hepatitis

 

Facebook Comments