Ngobrol santai dan jujur tentang AIDS di Website ODHA Berhak Sehat

admin

ODHA Berhak SehatTim di ODHA Berhak Sehat menyadari sekali ketika menyiapkan website yang sifatnya forum bebas seperti ini pasti akan mengundang tulisan yang sifatnya pro dan kontra terhadap permasalahan HIV dan AIDS. Bahkan kami tidak memungkiri bahwa mungkin saja akan ada tulisan yang penuh dengan stigmatisasi dan diskriminastif terhadap komunitas terdampak AIDS seperti ODHA, Pengguna Narkotika, Gay, Waria dan Pekerja Seks.

Menurut OBS, justru disinilah tantangan terbesar dalam program penanggulangan AIDS di Indonesia. Di satu sisi, kita banyak menemui forum atau website yang berisi orang-orang yang pro terhadap penanggulangan AIDS. Di sisi lain, kita juga akan menemukan tidak kalah banyaknya forum dan website yang menebarkan stigmati dan diskriminasi terhadap komunitas terdampak AIDS ini.

OBS berpikir, jika selamanya pihak yang pro dan kontra ini berdiri dalam kungkungan tembok masing-masing, maka permasalahan HIV dan AIDS di Indonesia tidak akan pernah selesai. Di satu sisi, pihak yang pro sudah melakukan banyak upaya untuk menanggulangi permasalahan AIDS namun di sisi lain, pihak yang kontra pun tidak bisa sepenuhnya dipersalahkan karena mungkin saja mereka bersikap seperti itu karena kurangnya akses informasi yang sampai sehingga menimbulkan persepsi dan pandangan yang keliru.

Hal-hal ini hanya bisa dipecahkan jika kita semua bisa berkumpul dalam sebuah ruang ngobrol santai sehingga masing-masing pihak bisa belajar dari pihak lainnya. Dengan menulis, berkomentar dan ngobrol di OBS, akan terjadi pertukaran informasi sehingga harapannya stigma dan diskriminasi kepada permasalahan AIDS yang sifatnya terjadi karena kurangnya informasi yang tepat kepada masyarakat terkait permasalahan AIDS perlahan-lahan bisa menghilang.

Mari ngobrol dan saling berbagi informasi….

Also Read

Tags

2 thoughts on “Ngobrol santai dan jujur tentang AIDS di Website ODHA Berhak Sehat”

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.