27 Juni – “Hari Test HIV” di Amerika Serikat

author

Apakah Anda sudah mengetahui status HIV anda?
Apakah anda tahu kapan waktu yang tepat bagi anda untuk memeriksakan diri?

index

Nah, Setiap tanggal 27 Juni,  Amerika telah sampai ke hari tahun ke-19 “Hari Tes HIV” tahunan-nya. Tema tahun 2013 lalu adalah, “Take the Test. Take Control.” U.S. Department of Health and Human Services Secretary Kathleen Sebelius membahas tentang pentingnya test HIV dan tentang pilihan Asuransi kesehatan yang terjangkau. Keren yah, di Negara mereka Test HIV sudah menjadi hal yang sangat umum, sampai sampai dibuatkan hari pemeriksaan Nasional.
Test HIV sangat penting untuk dilakukan karena akan memberikan anda informasi dan bagaimana anda membuat keputusan yang tepat untuk kesehatan anda.  Jika hasil test anda negative, Anda dapat mengambil langkah-langkah untuk tetap dengan cara itu (yang mungkin termasuk test berkala jika Anda terlibat dalam perilaku berisiko tinggi). Jika anda terinfeksi  HIV, sudah tersedia obat yang akan membantu anda tetap sehat dan hidup lebih lama. Obat ini dikenal dengan nama antiretroviral therapy (ART)— juga secara signifikan meminimalisir penularan kepada orang lain.

Di indonesia sendiri, belum sampai kedalam tahapan pemeriksaan kesehatan umum. Masih banyak sekali stigma dan diskriminasi terkait pemeriksaan HIV, yang dikaitkan dengan oral dan jauh dari kesan test kesehatan. Sehingga kami dari ODHA Berhak Sehat ingin sekali mendorong pemerintah Indonesia untuk melaksanakan “Hari Test HIV”.

Seperti yang pernah kita ketahui,  wakil gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaha Purnama atau yang akrab di panggil Ahok Melakukan pemeriksaan HIV di kantor KPA provinsi DKI Jakarta. Dan menjadikan bulan test HIV. Akan sangat menarik dan membahagiakan jika test HIV bisa menjadi bagian dari test pemeriksaan umum, dan memudahkan akses masyarakat, mendekatkan kepada layanan, dan semakin dini mengetahui status HIV, semakin cepat pula kita bisa melakukan perlindungan dan perencanaan kesehatan.

Picture from dokterbagus.com

Also Read

Tags

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.