Warung Blogger Sahabat ODHA Berhak Sehat

author

test-hivSiapa diantara kita yang gak takut dengar kata HIV?
Apakah orang orang itu ada diantara kalian semua? Kalau iya, sayang sekali yah. Karena mengetahui informasi khususnya informasi kesehatan itu sifatnya sangat penting. Apapun konten kesehatannya, itu akan menjadi sangat bermanfaat. Kenapa? Karena dengan mengetahuinya, contoh : mengetahui informasi mengenai HIV AIDS, harusnya ini secara otomatis akan memberikan pemahaman untuk kemudian melindungi diri dari HIV AIDS itu sendiri.

Lalu jika ditanyakan apakah kita sudah pernah test HIV? Jarang sekali yang memiliki jawaban yak. Hampir kebanyakan bilang tidak, atau tidak mau mengakui bahwa mereka sudah pernah melakukan pemeriksaan kesehatan ini. Wah, Boro boro deh orang mau test HIV, membicarakannya saja dianggap tabu dan orang menganggap mereka yang tahu informasi HIV adalah mereka yang memiliki perilaku beresiko. Dan ini yang sangat berbahaya. Karena awal dari meningkatnya resiko infeksi HIV baru adalah dari ketidakpedulian masyarakat akan isu HIV ini.

ODHA Berhak Sehat lahir untuk menjadi jembatan antara komunitas terdampak HIV AIDS dengan masyarakat luas. Membuka sekat pembatas antara mereka, sehingga memberikan banyak ruang dan tidak ada lagi rasa takut atau malu untuk mencari informasi ataupun menjadi bagian dari agen perubahan di Indonesia. Sebagai sebuah kampanye sosial media, #OBS menggunakan sarana ini yang sedang nge-trend dan diminati oleh masyarakat khususnya orang muda yang produktif. Memberikan kesempatan bagi mereka yang malu datang ke rumah sakit atau pusat kesehatan masyarakat, atau sungkan bertemu dengan komunitas untuk berbagi. Sehingga jika masyarakat atau komunitas itu sendiri mau untuk mencari informasi kami ada di dalam bagian masyarakat, yakni social media.

Di dunia Internet kami punya banyak sekali Cs atau teman teman yang dengan senang hati akan membantu untuk menyebarluaskan informasi ini kepada lebih banyak orang di elemen yang berbeda (diluar komunitas HIV AIDS). Mau kenal gak, sama salah satu teman kami?

indexMereka adalah @Warung_Blogger, Siapa Mereka? Kalian bisa Follow dulu dan lihat bahwa seru sekali berkawan dengan sekelompok orang yang memiliki ruang yang sangat luas untuk berbagi informasi. Warung Blogger (WB) awalnya adalah sebuah komunitas blogger di group facebook. Rumah untuk berbagi Informasi, Ilmu, serta senyuman dengan membangun kebersamaan dan silaturahmi yang Indah. Sejak didirikan oleh Lozz Akbar pada bulan Mei 2011, komunitas ini sudah mempunyai ribuan member. Warga Warung Blogger adalah sebutan untuk para anggotanya. Setelah dibuatkan Logo WB bertajuk “Ngopi Asyik Bareng Blogger” oleh Jumialely, akhirnya diputuskan bahwa tanggal 25 Mei adalah hari jadi Warung Blogger.

“Sengaja dipilih nama ‘Warung’, bukan restauran atau cafe sebagai nama grupnya. Dengan harapan agar tercipta sebuah nuansa yang penuh kebersamaan dan kesederhanaan di dalamnya. Ya, sebuah warung yang siapa saja bisa menikmati segala isi yang ada di dalamnya. Bukanlah sebuah cafe atau restauran yang akan membuat kita melihat lebih dulu isi dompet kita saat hendak memasukinya”, tutur Uncle Lozz (Sebutan akrab sang pendiri) dalam blognya.

“Saya berharap semoga para pengunjung tidak menganggap saya adalah pemilik warung tersebut, tapi warung itu adalah milik kita bersama. Kita rawat dan kelola secara bersama dengan harapan agar bisa memberikan sebuah manfaat bagi kita semuanya”, tegasnya.

Waktu demi waktu, anggota Warung Blogger semakin bertambah banyak sehingga muncul beberapa usulan untuk membentuk Warung Blogger di Twitterland. Akhirnya akun @WarunkBlogger pun lahir tak lama setelah itu. Tak berbeda dengan Group WB di facebook, followers bertambah begitu pesat. Warga semakin akrab, dan ide-ide serta saran semakin banyak untuk mengubah nama akun twitter WB. Hal itu ditanggapi positif oleh para admin dengan mengubah nama akun menjadi @Warung_Blogger pada tanggal 3 Februari 2012. Saat itu pula ditetapkan bahwa 3 Februari adalah hari jadi Twitter WB. Semakin hari Warung Blogger semakin mantap sebagai komunitas dunia maya yang diakui oleh publik. Berbagai agenda baik kopdar telah diadakan dibeberapa kota di Indonesia. Anggotanya pun tak hanya berdomisili di Indonesia, tapi juga ada dari berbagai negara (meskipun aslinya dari Indonesia, hehe).

Tidak jarang, Warung Blogger membantu proses diseminasi informasi HIV AIDS yang dilakukan oleh #ODHABerhakSehat. Dan hal ini teramat sangat membantu karena, kami kelompok yang terdampak langsung HIV AIDS berharap bahwa isu HIV tidak hanya menjadi isu ODHA. Alangkah lebih baik jika ada sekelompok masyarakat Indonesia yang juga melakukan hal tersebut sehingga isu HIV AIDS semakin terbiasa untuk dibicarakan. Kami bersyukur, bahwa ada #WB dan warganya yang sangat budiman selalu menjadi perpanjangan tangan, agar tidak ada lagi stigma dan diskriminasi terhadap Orang dengan HIV AIDS dan kelompok kunci lainnya.

Untuk Informasi lebih lengkap :
Facebook   : facebook.com/groups/warung.blogger
Fanpage     : facebook.com/groups.warung.blogger
Twitter       : twitter.com/warung_blogger (@Warung_Blogger)
Blog            : warungblogger.org
Email         : [email protected]

Terima kasih Warung Blogger dan Warganya yang budiman, lets continue this very good relationship!

SALAM PERSOHIBLOGAN!!

\o/

Also Read

Tags

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.