Angka dalam Hasil Tes HIV

Angka dalam Hasil Tes HIV

Tanya:
Mimin saya sudah ikut tes HIV donk. Tapi kok ada angkanya 0.231 artinya apa sich? Apa saya pernah terkena HIV sebelumnya? Lalu anti HIV eclia itu apa ya? Jadi bingung nich. Rizal di Makassar.

Jawab:
Hai Rizal. Hasil tes yang menunjukkan angka kurang dari 1.000 berarti bahwa kamu tidak terpapar virus HIV, hasil uji laboratorium kamu kan 0.231 tuh, jadi kurang dari 1.000 kan.

Angka-angka itu merupakan suatu cara untuk menunjukkan akurasi hasil (kuantitatif) daripada sekedar REAKTIF atau NON REAKTIF. Jika hasilnya menunjukkan angka kurang dari 1.000 maka kamu masih non reaktif.

Jika hasil tes menunjukkan angka di atas 1.000 maka berarti kamu reaktif.

Beberapa orang dengan kondisi seroconversion atau dalam periode jendela mungkin akan menunjukkan hasil yang sangat mendekati 1.000 (baik di bawah maupun di atasnya). Dalam kasus ini maka dokter dapat merekomendasikan untuk mengulang tes HIV lagi.

Jika #SahabatOBS masih ragu-ragu tentang hasil tes maka jangan ragu-ragu untuk menanyakan ke dokter.

Nah di sebelah paling kiri ada tulisan Anti HIV Eclia, itu adalah jenis tes HIV generasi keempat. Tes ini disebut juga sebagai tes COMBO atau DUO. Tes jenis ini mendeteksi baik antigen dan antibody HIV. Antigens dilepas oleh tubuh kita dalam merespon infeksi yang disebabkan oleh virus HIV. Antigen langsung diproduksi tubuh sesegera mungkin setelah infeksi terjadi dan dapat bertahan dalam beberapa minggu. Setelah itu, antibodi akan terbentuk dalam waktu 4-6 minggu, rata-rata sekitar 21-25 hari.

Tes Eclia merupakan tes yang dianggap standar oleh mayoritas pakar HIV dan WHO (World Health Organization) sendiri menyatakan bahwa hasilnya tepat dalam 6 minggu setelah infeksi. Bagaimanapun, rata-rata pakar HIV berpendapat bahwa semua tes HIV memberikan hasil yang lebih pasti setelah 84 hari atau 3 bulan setelah infeksi terjadi. Tes Eclia ini sangat terpercaya dan 99.9% akurat.

Referensi:
http://i-base.info/qa/3293
http://i-base.info/qa/3477
http://helpline.aidsvancouver.org/question/what-ac-anti-hiv-duo-eclia-serum-plasma

Incoming search terms:

  • hasil lab hiv
  • hasil tes darah hiv
  • Tahapan tes hiv
  • bentuk form hasil test vct
  • isi lab pemeriksaan hiv
  • hiv reaktif
  • hiv test 84 hari
  • Tes anti hi
  • cara membaca hasil tes hiv
  • Contoh hasil tes HIV

Share this post

22 thoughts on “Angka dalam Hasil Tes HIV

  1. Pagi, saya sudah melakukan tes hiv, tapi hasil lembaran kertas tersebut hanya menunjukan non reaktif dan reaktif saja tanpa ada angka, dan hasil saya non reaktif, apakah hasil tersebut akurat?

    Reply
  2. Selamat siang, kmren tgl 1 februari saya lakukan pemeriksaan Serologi(Anti HIV) dan hasil nya Non Reaktif *0,13 S/CO, apakah itu tandan nya saya Negatif HIV

    Reply
  3. semlm saya ada test hiv,hasilnya menunjukkan non reactive 0,001,apakah hasilnya terinfeksi atau tidak ya dok?sedangkan hasil teman saya menunjukkan non reactive 0,035 dok.mohon bimbingannya.terima kasih

    Reply
  4. Selamat siang. Minggu lalu saya melakukan tes hiv screening di rumah sakit dan hasilnya reaktif. Apakah saya sudah pasti terinfeksi HIV?

    Reply
  5. Saya cahyo, saya hbs tes hiv, 1:SD bloline hiv 1/2 3.0. 2:Rightsign. 3:hiv 1/2 Antibody oncoprobe,.. Hasil semu reaktif.. Apakah saya terinfeksi? Mohon pnjelasanya, thx

    Reply
  6. Saya cahyo, saya hbs tes hiv, 1:SD bloline hiv 1/2 3.0. 2:Rightsign. 3:hiv 1/2 Antibody oncoprobe,.. Hasil semu reaktif.. Apakah saya terinfeksi? Mohon pnjelasanya, thx

    Reply
  7. Nanya dok pd tgl 13 januari sy khilaf melakukan hubungan badan dengan wanita lain..dng takut yg luar biasa sy test vct tanggal 05 maret dan hasilya non reaktif,apakah sdh valid? Terimakasih

    Reply
  8. Saya positiv hiv….pacar saya juga positiv hiv dok…saya sudah pengobatan arv selama 2 taun…pacar saya 1 tahun…kemarin saya berhubungan badan tanpa menggunakan pengaman dok….apakah saya bisa ketularan pasangan saya yang kedua kali dok….

    Reply

Post Comment