Hasil Tes Narkoba Positif pada Pengguna ARV?

author

Tanya:

Mimin, kabarnya kalau pengguna ARV dites narkoba maka hasilnya akan positif ya? Kantor saya akan mengadakan tes narkoba ke karyawannya nich, gimana donk? Frans di Jakarta

Jawab:

Hai Frans, tidak semua jenis ARV akan menunjukkan hasil positif saat kita dites narkoba (disebut positif-palsu), namun 98% pengguna ARV jenis efavirenz (ditemukan di Sustiva dan Atripla) sayangnya akan menunjukkan hasil positif-palsu pada tes narkoba, yaitu benzodiazepin, yang sering terdapat pada resep obat penenang, termasuk obat-obatan seperti Valium (diazepam) dan Ativan (lorazepam), yang umum disalahgunakan oleh orang.

Disarankan kepada petugas medis yang akan melakukan tes narkoba untuk menanyakan ke calon yang akan dites apakah yang bersangkutan menggunakan ARV jenis tertentu (efavirenz) sehingga tidak akan salah tafsir. Sedangkan #SahabatOBS yang kebetulan menggunakan ARV yang mengandung efavirenz agar dapat berkonsultasi dengan dokter rujukannya, dan meminta surat keterangan. Namun dengan demikian berarti membuka status kita donk sebagai ODHA? Memang pilihan yang sulit ya guys, pilihan kita terbatas. Kita dikeluarkan dari pekerjaan karena diduga menggunakan narkoba, atau status ODHA kita diketahui oleh managemen perusahaan. Semoga saja dengan pihak perusahaan mengetahui status kita ODHA, kita tidak didiskriminasikan di kantor, amin.

Referensi:

https://www.poz.com/article/hiv-efarirenz-atripla-16664-1570

https://www.drugs.com/drug-class/benzodiazepines.html

http://i-base.info/qa/2234

Also Read

Tags

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.