IRIS: Tantangan dalam Memulai Pengobatan HIV (Bagian II)

IRIS: Tantangan dalam Memulai Pengobatan HIV (Bagian II)

Immune reconstitution inflammatory syndrome (IRIS) adalah kondisi serius yang dapat terjadi segera setelah seseorang memulai terapi HIV untuk pertama kalinya. Ini juga dapat terjadi pada orang yang memulai kembali obat-obatan mereka setelah “cuti minum obat”. Baca bagian I di sini.

Bagaimana IRIS Didiagnosis?

Diagnosis banding biasanya digunakan untuk mengidentifikasi IRIS. Ini adalah saat diagnosis dipersempit dari daftar kemungkinan hingga diganosis muncul sebagai yang terbaik. Diagnosis banding akan mempertimbangkan pengobatan gagal infeksi saat ini, kemungkinan infeksi baru atau keganasan infeksi lama, dan efek samping obat (terutama dengan hepatitis).

Satu hal penting yang perlu dipertimbangkan setelah memulai terapi adalah penurunan jumlah / tingkat HIV (viral load). IRIS cenderung terjadi ketika ada penurunan besar dalam angka virus HIV. Contohnya ini akan terjadi dari 100.000 kopi virus HIV menjadi sekitar 500, yang menunjukkan respons yang kuat terhadap terapi ARV tetapi peningkatan risiko untuk IRIS.

Ini adalah paradoks lain tentang IRIS, karena mendapatkan viral load ke tingkat yang tidak terdeteksi sesegera mungkin adalah salah satu tujuan terapi HIV. Jika ini terjadi, itu adalah waktu yang paling mungkin bahwa IRIS akan terjadi. Oleh karena itu, memeriksa tingkat HIV (VL) sedini mungkin merupakan cara penting untuk membantu mendiagnosis kemungkinan IRIS. Tes lain juga dapat membantu diagnosis, seperti jumlah darah putih dan protein C-reaktif, yang menunjukkan peradangan. Semakin tinggi level jumlah darah putih dan protein C-reaktif, semakin besar kemungkinan peradangan terjadi.

Siapa Berisiko?

Secara umum, orang dengan sistem kekebalan yang lebih rusak parah sebelum memulai terapi HIV adalah yang paling berisiko untuk IRIS. Kamu dan dokter harus menyadari bahwa IRIS akan mungkin muncul setelah memulai terapi; terutama jika diketahui bahwa infeksi lain sedang atau ada dan bahkan jika telah terkendali. Faktor risiko yang mungkin tercantum di bawah ini. Semakin banyak risiko yang kamu miliki, semakin besar kemungkinan IRIS dapat terjadi.

  • Orang dengan jumlah CD4 di bawah 100 sebelum memulai terapi.
  • Orang yang memulai terapi HIV untuk pertama kalinya, atau memulai kembali terapi setelah waktu istirahat dari obat-obatan mereka.
  • Orang dengan penurunan viral load yang ekstrem (2,5 log atau lebih) karena terapi, meskipun IRIS telah terlihat pada orang dengan tetes 1,0 log.
  • Orang dengan diagnosis infeksi lain sebelum memulai terapi.
  • Orang yang mulai dengan ARV rejimen protease inhibitor dikuatkan dengan Norvir (beberapa kasus).

Apa Gejala-gejalanya?

Gejala IRIS bisa berbahaya. Biasanya muncul dalam 2-6 minggu setelah memulai terapi HIV. Bagi beberapa orang, gejalanya bisa membaik dan sembuh dengan sendirinya. Bagi yang lain, gejalanya bisa berlanjut atau menjadi lebih buruk dan dapat berbahaya. Dalam kasus-kasus ini, gejala-gejala ini harus dilaporkan ke penyedia layanan kesehatan kamu.

Gejala umum IRIS termasuk demam, pembengkakan kelenjar getah bening, lesi kulit dan ruam, perubahan pernapasan, pneumonia, hepatitis, abses dan radang mata. Meskipun kurang umum, beberapa orang dapat mengalami perubahan kognitif atau mental jangka pendek, termasuk masalah memori dan pergeseran kepribadian. Meskipun IRIS dapat bereaksi terhadap infeksi tertentu seperti TB, gejala-gejala IRIS mungkin tidak muncul seperti gejala yang awalnya terjadi untuk TB. Ini dapat berlaku untuk infeksi lain.

Gejala IRIS sebagian besar berbeda-beda dan tidak boleh disamakan dengan kemungkinan efek samping dari memulai obat HIV, seperti demam atau ruam kulit. Jika efek samping memang terjadi, mereka biasanya muncul segera setelah memulai pengobatan kamu. Dalam beberapa minggu, tubuh kamu biasanya menyesuaikan diri dengan pengobatan dan gejala itu akan sembuh dengan sendirinya. Namun, mungkin ada beberapa tumpang tindih waktu antara efek samping obat dan gejala IRIS, yang merupakan salah satu alasan sulit untuk mendiagnosis IRIS. Adalah bijaksana untuk memperhatikan dan melaporkan setiap dan semua gejala ke penyedia kesehatan kamu.

Sumber:

Incoming search terms:

  • iris hiv adalah

Share this post

Post Comment