Peran Kelompok Dukungan

Peran Kelompok Dukungan

Bagaimana kelompok dukungan dapat meningkatkan kesehatan kamu dan membuat kondisi kronis lebih mudah untuk dijalani bersama?

Manusia ingin menjaga kesehatan masing-masing, dan dengan teknologi baru, ada banyak alat dibandingkan sebelumnya untuk membantu orang-orang dalam mengelola kesehatannya. Namun, perolehan terbesar bisa datang dari bantuan teman-teman kamu.

Bagi orang yang hidup dengan kondisi kesehatan kronis seperti radang sendi, diabetes, kanker, dan HIV, sistem kesehatan dapat terkesan impersonal dan tidak praktis.

Faktor penghambat besar bagi pasien yang ingin terlibat dalam perawatan kesehatan mereka sendiri adalah model medis yang ketinggalan jaman yang hanya melihat pasien sebagai penerima pengobatan dan saran yang pasif. Sifat klinis perawatan medis tidak cukup memperhitungkan bagaimana pasien menjalani hidup mereka atau bagaimana mereka menginginkannya. Fokusnya adalah mengelola penyakit, bukan mempromosikan kesejahteraan diri pasien.

Dukungan dari teman sebaya – orang yang sudah hidup dengan kondisi kesehatan yang sama dengan kondisi kita – dapat membantu mengisi kekosongan tersebut. Alih-alih hanya membantu memerangi penyakit, kelompok dukungan sebaya dapat membantu meningkatkan kualitas hidup antar pasien.

Mempromosikan dukungan sebaya, berbasis dari dan untuk orang yang hidup dengan kondisi kesehatan kronis memiliki potensi untuk meningkatkan hasil, meningkatkan akses dan meningkatkan efisiensi dalam perawatan kesehatan kita.

Apa yang dilakukan kelompok dukungan sebaya?

Internet memberikan akses tanpa henti tentang informasi kesehatan kepada orang-orang yang mencari lebih banyak keterlibatan dalam pengelolaan kondisi mereka sendiri. Tetapi mencari sumber yang dapat diandalkan dan relevan bisa sulit tanpa bimbingan dan dukungan orang yang tepat.

Kelompok dukungan sebaya menawarkan advokasi, bantuan, dan pendidikan; dipimpin dan dikelola oleh orang-orang yang hidup dengan kondisi kesehatan yang sama (pernah atau sedang mengalami penyakit yang serupa dengan kita), bagi orang-orang seperti mereka. Kelompok dukungan sebaya secara tradisional adalah kelompok berbasis lokasi yang bertemu secara teratur, tetapi semakin banyak kelompok online memperluas akses ke dukungan sebaya.

Misalnya, Kelompok Ngobrol Santai OBS menyediakan tautan ke penelitian, dorongan, dan “peretasan hidup” baik secara online maupun dengan pertemuan bulanan.

Kelompok dukungan sebaya dapat menawarkan saran praktis dan nyata yang tidak mungkin dibicarakan oleh sistem medis. Misalnya, membuat secangkir teh di pagi hari agar dapat menghangatkan badan dan menghilangkan sebagian kekakuan yang di alami semalam akibat radang, atau bagaimana melakukan percakapan dengan bos kamu tentang kondisi yang mungkin tidak pernah mereka dengar, seperti istilah-istilah asing yang akan sering kita temui selama perawatan HIV.

Manajemen penyakit yang lebih baik

Kita tau bahwa kondisi kesejahteraan individu mempengaruhi kesehatan – prevalensi penyakit kronis terjadi lebih besar pada populasi sosial ekonomi yang lebih rendah.

Interaksi sosial memiliki hubungan vital dengan hasil kesehatan, tetapi budaya medis sering mengabaikan pentingnya hubungan sosial dalam kesehatan dan kesejahteraan manajemen penyakit.

Model medis relatif buruk dalam mencapai perubahan perilaku seperti diet dan olahraga. Tetapi ada bukti yang menunjukkan orang-orang yang tergabung dan menghadiri kelompok dukungan sebaya yang terkait dengan penyakit mereka akan lebih baik mengelola kondisi kronis mereka dan memiliki hasil kesehatan yang lebih baik daripada mereka yang hanya bergantung pada intervensi medis.

Ulasan terbaru juga menemukan orang-orang yang menghadiri kelompok dukungan sebaya yang berafiliasi dengan penyakit yang sama, lebih baik dalam mengelola kondisi kronis mereka, dengan penelitian menunjukkan:

  • hasil kesehatan yang lebih baik daripada mereka yang hanya bergantung pada intervensi medis
  • peningkatan akses dan eksposur ke layanan kesehatan tambahan, serta kepercayaan diri yang lebih besar pada orang yang akan atau sedang menjalani pengobatan
  • kelompok dukungan sebaya adalah strategi yang hemat biaya.

Sumber: disarikan dari

Incoming search terms:

  • https://googleweblight com/i?u=https://www odhaberhaksehat org/2018/peran-kelompok-dukungan/&grqid=t_JVTMkM&s=1&hl=id-ID
  • dukungan advokasi bagi odha
  • dukungan kelompok seperti
  • dukungan sosial kelompok hiv
  • peran advokasi dalam melaksanakan menghormati pasien odha

Share this post

Post Comment