Mengenal Echinacea

Mengenal Echinacea

 

Banyak #SahabatOBS yang bertanya, boleh ngga sich orang dengan HIV minum suplemen yang mengandung Echinacea? Sebelumnya yuk mengenal dulu apa itu Echinacea. Echinacea adalah herbal yang berasal dari Amerika Serikat. Itu juga tumbuh di negara-negara barat, serta di Kanada dan Eropa. Echinacea banyak digunakan untuk melawan infeksi, terutama pilek, dan flu.

Ada kekhawatiran tentang kualitas beberapa produk echinacea di pasaran. Produk-produk Echinacea sering salah diberi label, dan beberapa mungkin tidak mengandung echinacea sama sekali. Juga, beberapa produk echinacea telah terkontaminasi dengan selenium, arsenik, dan timbal.

Beberapa kasus efek samping dapat terjadi seperti mual, muntah, rasa tidak enak, sakit perut, diare, sakit tenggorokan, mulut kering, sakit kepala, mati rasa pada lidah, pusing, sulit tidur, perasaan bingung, dan nyeri sendi dan otot. Dalam kasus yang jarang terjadi, echinacea telah dilaporkan menyebabkan peradangan hati. Jika #SahabatOBS memiliki alergi, pastikan untuk berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan sebelum mengkonsumsi echinacea.

Multiple sclerosis (MS), lupus (systemic lupus erythematosus, SLE), rheumatoid arthritis (RA), kelainan kulit yang disebut pemphigus vulgaris, atau lainnya: Echinacea dapat memiliki efek pada sistem kekebalan tubuh yang dapat memperburuk kondisi ini. Jangan minum echinacea jika #SahabatOBS memiliki kelainan autoimun. Dan juga echinacea dapat mengubah cara tubuh memecah beberapa obat. Mengkonsumsi echinacea bersama dengan beberapa obat dapat meningkatkan efek samping dari beberapa obat.

Sumber:

Incoming search terms:

  • echinacea dalam bahasa

Share this post

Post Comment