Mengenal Istilah FDC (1)

Mengenal Istilah FDC (1)

Pada postingan sebelumnya kita sudah bahas sekilas apa itu FDC. FDC adalah singkatan dari Fixed-dose combination, (di-Indonesia-kan menjadi kombinasi obat antiretroviral dosis tetap) adalah beberapa obat antiretroviral yang digabungkan menjadi satu pil, untuk membantu mengurangi beban pil. Obat FDC ini isinya dapat menggabungkan berbagai kelas antiretroviral (misal kelas NRTI digabung dengan NNRTI) atau hanya mengandung satu kelas tunggal (misal sesama kelas NRTI, contoh gabungan lamivudine dengan zidovudine). Untuk mengetahui kelas-kelas ARV dapat kamu baca di sini ya Sahabat OBS.

FDC berlisensi dapat dilihat di bawah ini. Beberapa di antaranya adalah rejimen tablet tunggal lengkap untuk penatalaksanaan HIV / AIDS (obat ini berupa satu pil yang diminum sekali sehari); namun obat FDC yang lain harus dikombinasikan dengan satu atau lebih pil tambahan untuk melengkapi rejimen.

Kombinasi lamivudine+zidovudine (dua-duanya masuk golongan NRTI), diproduksi oleh perusahaan ViiV Healthcare. Obat FDC ini masih memerlukan kelas lain agar lengkap.
Kombinasi lopinavir (dari kelas PI) + ritonavir (dari kelas PK Enhancer), diproduksi oleh perusahaan Abbott Laboratories. Obat FDC ini masih memerlukan kelas lain agar lengkap.
Kombinasi abacavir+lamivudine+zidovudine (ketiganya dari kelas NRTI), diproduksi oleh perusahaan ViiV Healthcare.
Kombinasi abacavir+lamivudine (keduanya dari kelas NRTI), diproduksi oleh perusahaan ViiV Healthcare. Obat FDC ini masih memerlukan kelas lain agar lengkap.
Kombinasi lamivudine+stavudine (kelas NRTI) digabung dengan nevirapine (kelas NNRTI), diproduksi oleh beberapa perusahaan.
Kombinasi lamivudine+zidovudine (kelas NRTI) digabung dengan nevirapine (kelas NNRTI), diproduksi oleh beberapa perusahaan.
Kombinasi emtricitabine+tenofovir disoproxil (keduanya kelas NRTI), diproduksi oleh perusahaan Gilead Sciences. Obat FDC ini masih memerlukan kelas lain agar lengkap.

(Bersambung ke bagian 2)
Baca bagian 3

Sumber:

Incoming search terms:

  • beban pil adalah

Share this post

Post Comment