Menyusui bagi Ibu yang HIV Positif?

author

Sebelumnya, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyarankan para ibu yang HIV-positif untuk menghindari menyusui jika mereka mampu membeli, menyiapkan dan menyimpan susu formula dengan aman.

Tetapi penelitian terbaru telah muncul, terutama dari Afrika Selatan, yang menunjukkan bahwa kombinasi pemberian ASI eksklusif dan penggunaan ARV dapat secara signifikan mengurangi risiko penularan HIV ke bayi melalui menyusui.

Pada 30 November 2009, WHO mengeluarkan rekomendasi baru tentang pemberian ASI oleh ibu yang HIV-positif, berdasarkan bukti baru ini. Untuk pertama kalinya, WHO merekomendasikan agar ibu yang HIV-positif untuk minum obat antiretroviral selama masa menyusui dan hingga bayi berusia 12 bulan. Ini berarti bahwa anak dapat memperoleh manfaat dari menyusui dengan risiko terinfeksi HIV yang sangat kecil.

Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa pemberian ASI eksklusif dalam enam bulan pertama kehidupan bayi dikaitkan dengan penurunan tiga hingga empat kali lipat risiko penularan HIV dibandingkan dengan bayi yang disusui dan juga menerima susu atau makanan lain.

Namun, risiko tidak menyusui sering tidak dikenali. Sebagian besar anak yang lahir dari ibu yang HIV-positif dan dibesarkan dengan susu formula tidak meninggal karena AIDS tetapi karena kurang gizi, diare, radang paru-paru dan penyebab lain yang tidak terkait dengan HIV. Menyusui tidak hanya memberi bayi nutrisi yang mereka butuhkan untuk perkembangan optimal, tetapi juga memberi bayi antibodi yang mereka butuhkan untuk melindunginya terhadap beberapa penyakit umum tetapi mematikan ini.

WHO merekomendasikan bahwa semua ibu, terlepas dari status HIV mereka, melakukan praktik pemberian ASI eksklusif – yang berarti tidak ada cairan atau makanan lain yang diberikan – dalam enam bulan pertama. Setelah enam bulan, bayi harus mulai mengonsumsi makanan pendamping. Ibu yang tidak terinfeksi HIV harus menyusui sampai bayi berusia dua tahun atau lebih.

Sumber:

Also Read

Tags

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.