Apa itu ARV? (Bagian 1)

author

Obat-obatan HIV dapat membantu menurunkan viral load kamu, melawan infeksi yang disebabkan oleh HIV, dan meningkatkan kualitas hidup kamu. Obat-obat ini dapat menurunkan peluang kamu untuk menularkan HIV, tetapi jika kamu salah meminumnya, kamu masih bisa menularkan HIV kepada orang lain. Obat-obatan ini belum dapat menyembuhkan HIV.

Tujuan obat-obatan ini adalah untuk:

  • Mengkontrol pertumbuhan virus HIV
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  • Memperlambat atau menghentikan gejala
  • Mencegah penularan HIV ke orang lain
Sumber: wikimedia.org

FDA (BPOM di Amerika) telah menyetujui lebih dari dua lusin obat antiretroviral untuk mengobati infeksi HIV. Obat-obat ini sering dibagi menjadi enam kelompok karena mereka bekerja dengan cara yang berbeda. Dokter merekomendasikan untuk meminum kombinasi atau “koktail” dari setidaknya dua dari mereka. Ini disebut terapi antiretroviral, atau ART (di Indonesia disebut ARV).

Dokter akan memberi tahu kamu secara khusus bagaimana kamu harus minum obat tersebut. Kamu harus mengikuti petunjuk dengan tepat, dan tidak boleh melewatkan satu dosis pun. Jika kamu melewatkan dosis, kamu bisa mengembangkan jenis HIV yang resistan terhadap obat, dan obatmu mungkin berhenti bekerja (tidak efektif lagi).

Beberapa obat dan suplemen lain tidak cocok dengan obat HIV, jadi pastikan kamu memberi tahu dokter tentang semua yang kamu pakai!

(Bersambung ke Bagian 2)

Baca Bagian 3

Baca Bagian 4

Baca Bagian 5

Sumber:

Also Read

Tags

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.