Belajar dari Bencana Topan Maria di Puerto Rico

author

Beberapa peristiwa bencana melanda tanah air. Sebagai negara yang berada di wilayah “ring of fire”, Indonesia memiliki potensi terkena gempa bumi tersering dibanding wilayah lain di bumi. Karena ancaman bencana selalu ada, sebaiknya kita belajar dari Puerto Rico yang beberapa waktu lalu terlanda Topan Maria, walau kasus bencananya berbeda, namun dari sisi penanganannya dapat kita jadikan referensi.

Topan Maria adalah badai besar ketiga yang mengancam Puerto Rico, Karibia, dan daratan Amerika Serikat dalam periode dua minggu pada September 2017. Ratusan ribu bangunan rusak akibat angin, banjir, dan lumpur longsor. Topan Maria menjadi bencana alam terburuk dalam sejarah Puerto Rico, menyebabkan kerusakan sekitar $ 90 miliar.

Wilayah Puerto Rico mengalami kekurangan sumber daya — tenaga, air, komunikasi, jalan, makanan, dan obat-obatan — yang berlangsung selama berbulan-bulan. Lebih dari 80 persen populasi Puerto Rico berjumlah 3,4 juta kehilangan listrik segera setelah badai berlangsung. Itu merupakan pemadaman listrik terpanjang dan paling luas dalam sejarah Amerika. Sekitar sepertiga penduduk tidak memiliki akses ke air yang mengalir.

Kerusakan yang dialami meluas melintasi sistem perawatan kesehatan yang kurang didanai dan kekurangan tenaga kerja. Rumah sakit terbebani, dan orang-orang yang hidup dengan kondisi akut dan kronis – seperti asma, diabetes, gagal ginjal dan HIV – tidak dapat mengakses perawatan (termasuk perawatan dialisis).

Badai Maria juga menciptakan krisis lingkungan yang kemungkinan akan mempengaruhi kesehatan masyarakat selama bertahun-tahun. Jutaan liter air banjir terkontaminasi dengan bahan kimia beracun, kotoran manusia, dan banyak lagi. Pegunungan sampah dan puing-puing muncul di lingkungan. Air, lumpur dan limbah adalah tempat berkembang biak bagi bakteri, penyakit menular, spora jamur di udara, dan polusi. Sementara itu, ribuan generator memuntahkan asap berbahaya saat generator tersebut menerangi rumah dan kantor.

Racun ini dapat mendatangkan malapetaka pada sistem kekebalan tubuh orang sehat, tetapi mereka bisa mengancam jiwa untuk orang yang hidup dengan HIV dan orang dengan gangguan sistem kekebalan tubuh.

Wawancara dengan penyedia layanan kesehatan menunjukkan bahwa banyak orang yang hidup dengan HIV di sekitar San Juan mampu mempertahankan terapi antiretroviral yang tidak terganggu berkat perencanaan awal oleh organisasi berbasis masyarakat (CBO). Sebelum badai, fasilitas penyimpanan Program Bantuan Pengobatan AIDS di metro San Juan memiliki surplus antiretroviral. Merck — produsen terapi HIV seperti Crixivan dan Isentress — juga menyumbangkan obat-obatan tersebut.

Namun bagi mereka yang tinggal di luar wilayah metro (San Juan), memiliki akses yang buruk terhadap obat-obatan setelah badai. Ángel Luis Hernández mengatakan dia hanya memiliki sekitar satu minggu persediaan Descovy dan Sustiva, “jadi sangat penting untuk mengakses klinik saya di Orocovis, sekitar 50 mil (sekitar 81 km) jauhnya. Sulit untuk sampai ke sana karena tanah longsor menghalangi jalan dan jembatan. ”Apa yang seharusnya dapat ditempuh selama 90 menit membutuhkan waktu hampir enam jam, katanya, tetapi dia merasa sangat beruntung karena dia memiliki mobil dan bensin untuk melakukan perjalanan.

Banyak orang yang hidup dengan HIV memiliki pasokan obat-obatan HIV tetapi berpotensi mengalami tantangan kesehatan lain selama badai. Ivette González terkena gejala infeksi saluran kemih (UTI / urinary tract infection) pada malam yang sama saat Badai Maria menghantam. Perempuan yang hidup dengan HIV berisiko lebih tinggi mengembangkan UTI. “Saya kesakitan dan berdarah parah,” katanya. “Ketika angin mereda, saya pergi ke ruang gawat darurat, tetapi tidak terbuka. Lalu saya melihat apotek tempat orang-orang berdesakan di dalam. Apoteker itu baik dan menjual antibiotik kepada saya. ”

Proses bantuan yang lambat di daerah sangat kontras dengan yang terlihat di daratan utama. Kritikus telah menuduh Badan Administrasi Trump dan Badan Manajemen Darurat Federal (FEMA / Federal Emergency Management Agency) dari respon politisasi.

AIDS Healthcare Foundation mengirim 150 generator ke Puerto Rico untuk CBO dan orang dengan HIV. “Kami tidak tahu dampak badai pada HIV [pada perawatan dan pengobatan] karena belum didokumentasikan. Kami mungkin tidak pernah memiliki data karena pemerintah sangat kekurangan sumber daya. Tetapi itulah mengapa penting bagi yang selamat untuk berbagi cerita mereka, ”kata Carlos E. Rodríguez-Díaz, PhD, profesor di Universitas Puerto Rico – Kampus Ilmu Kedokteran. Penelitian Rodríguez-Díaz berfokus pada populasi yang rentan oleh epidemi HIV. “Ketika kami bertanya kepada orang-orang, ‘Apa dampak badai terhadap perawatan HIV Anda?’ Mereka akan mengatakan tidak berdampak apa pun. Tetapi kemudian mereka akan menyadari, ‘Ya, itu karena saya harus berganti klinik’ atau ‘saya berbagi obat.’ Hal itu tentu berkaitan dengan ketahanan dan resistensi. ”

Pakar kesehatan masyarakat percaya bahwa banyak penduduk menderita kecemasan, depresi, dan gangguan stres pasca trauma. Pasca Topan Maria, isolasi, kurangnya listrik dan komunikasi, dan ketidakmampuan untuk mengakses perawatan kesehatan telah memicu lonjakan bunuh diri di kalangan warga Puerto Rico yang lebih tua, menurut pemerintah.

Waves Ahead mewakili tanggapan berbasis masyarakat terhadap kebutuhan kesehatan mental banyak orang Puerto Rico. Organisasi ini dirikan oleh Wilfred Labiosa, PhD, seorang psikolog berbasis di San Juan yang, bersama dengan staf kecil, memberikan layanan kesehatan mental dan manajemen kasus kepada LGBT Puerto Rico yang lebih tua dan orang yang hidup dengan HIV. Labiosa mulai bekerja dengan the American Association of Retired Persons and SAGE di awal 2017. Bersama-sama, mereka telah memberikan layanan kepada sekitar 1.200 orang sejak Oktober, katanya. “Ketika badai menerjang, kami melihat kebutuhan untuk membawa layanan itu — termasuk air dan makanan,” kata Labiosa. “Kami membangun kembali 10 rumah yang tidak disetujui untuk bantuan bencana federal. Kami juga membangun kembali kesehatan mental lansia yang tinggal dengan HV, mitra, teman, dan keluarga mereka.”

Disarikan dari:

Also Read

Tags

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.