HIV dan Lipodistrofi

author

Apa itu lipodistrofi?

Lipodistrofi mengacu pada perubahan lemak tubuh yang mempengaruhi beberapa orang dengan HIV (ODHA). Lipodistrofi dapat meliputi:

  • Penumpukan lemak tubuh
  • Hilangnya lemak tubuh
Picture: plus-size-solutions.com

Apa yang menyebabkan lipodistrofi?

Penyebab pasti lipodistrofi tidak diketahui. Mungkin karena infeksi HIV atau obat-obatan yang digunakan untuk mengobati HIV. (Baca juga: Apa Efek Samping ARV?)

Faktor risiko lain untuk lipodistrofi meliputi:
Usia: Orang yang lebih tua memiliki risiko lebih tinggi.
Ras: Orang kulit putih (bule) memiliki risiko tertinggi.
Jenis Kelamin: cowok lebih mungkin kehilangan lemak di lengan dan kaki. Sedangkan cewek lebih mungkin memiliki penumpukan lemak di payudara dan perut.
Lama dan keparahan infeksi HIV: Risiko lipodistrofi lebih tinggi dengan infeksi HIV yang lebih lama dan lebih parah.

Meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan untuk membuktikan bahwa ada hubungan antara obat-obatan HIV dan lipodistrofi, beberapa obat HIV telah dikaitkan dengan kondisi tersebut.

Sementara beberapa perubahan yang disebabkan oleh lipodistrofi tidak dapat dibalik, mengganti obat HIV dapat membantu mengurangi efeknya. Obat HIV yang lebih baru cenderung tidak menyebabkan lipodistrofi dibandingkan obat-obatan HIV yang dikembangkan di masa lalu.

Namun banyak orang dengan HIV (ODHA) yang tidak pernah mengalami lipodistrofi sama sekali.

Bagian tubuh apa yang dipengaruhi oleh lipodistrofi?

Penumpukan lemak (juga disebut lipohipertrofi) dapat terjadi:

  • Di sekitar organ-organ di perut (juga disebut perut).
  • Di belakang leher di antara bahu (disebut punuk kerbau).
  • Di payudara.
  • Tepat di bawah kulit. (Gumpalan lemak disebut lipoma.)

 

Kehilangan lemak (juga disebut lipoatrofi) cenderung terjadi:

  • Di lengan dan kaki
  • Di bokong
  • Di muka

 

Seseorang dengan HIV dapat mengalami penumpukan lemak atau kehilangan lemak atau bahkan keduanya. Apakah perubahan itu nyata atau tidak tergantung pada tingkat kehilangan lemak atau penumpukan lemak.

Apakah lipodistrofi merupakan masalah kesehatan yang serius?

Itu bisa jadi. Terlalu banyak tumpukan lemak dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan diabetes. (Baca juga: Hidup Lebih Sehat)

Kenaikan lemak di payudara bisa menyakitkan, dan beberapa jenis lemak dapat menyebabkan masalah dengan pernapasan atau fungsi tubuh lainnya.

Perubahan dalam penampilan yang disebabkan oleh lipodistrofi dapat mengganggu dan mempengaruhi harga diri seseorang. Karena lipodistrofi, seseorang dapat memutuskan untuk berhenti minum obat-obatan HIV (jangan ditiru ya #SahabatOBS). Namun, keputusan untuk berhenti mengonsumsi obat-obatan HIV (atau mengurangi dosis obat) harus dibuat hanya dengan bantuan dari penyedia layanan kesehatan. Menghentikan obat-obatan HIV memungkinkan HIV untuk berkembang biak dan merusak sistem kekebalan tubuh, yang meningkatkan risiko infeksi dan kanker terkait HIV. Menghentikan obat-obatan HIV juga meningkatkan risiko resistensi obat.

Bisakah lipodistrofi disembuhkan?

Sayangnya, tidak ada obat untuk lipodistrofi. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memahami penyebab lipodistrofi pada orang dengan HIV dan menemukan obat untuk kondisi tersebut. Namun, ada cara untuk mengelola lipodistrofi.

Pada beberapa orang, mengganti obat HIV dapat mengurangi efek lipodistrofi. Obat HIV yang lebih baru cenderung tidak menyebabkan lipodistrofi dibandingkan obat-obatan HIV yang dikembangkan di masa lalu.

Tetapi, jika kamu mengonsumsi ARV, JANGAN kurangi, lewati, atau berhenti minum obat-obatanmu kecuali doktermu yang menyuruh kamu melakukannya.

 

Liposuction (operasi pengangkatan lemak) kadang-kadang digunakan untuk mengurangi punuk di leher. Lemak atau zat mirip lemak dapat digunakan sebagai pengisi untuk kehilangan lemak di wajah. Bahan pengisi disuntikkan di pipi atau di sekitar mata dan mulut.

Obat-obatan dapat membantu mengurangi efek lipodistrofi. Misalnya, tesamorelin adalah obat yang digunakan untuk mengurangi penumpukan lemak perut karena lipodistrofi.

Diet sehat dan olahraga sehari-hari dapat membantu membangun otot dan mengurangi penumpukan lemak. (Baca juga: ODHA dan Fitnes)

Sumber:

Also Read

Tags

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.