Mengenal Subutex

author

Salah seorang #SahabatOBS meninggal barusan, diduga dia mempergunakan Subutex tidak sesuai anjuran dokter. Hmmm Mimin penasaran nich, apa sich Subutex itu?

Apa itu buprenorfin (Subutex)?

Buprenorfin adalah obat nyeri yang bersifat opioid. Opioid disebut juga narkotika. Buprenorfin digunakan untuk mengobati kecanduan narkotika. Buprenorfin juga dapat digunakan untuk tujuan yang tidak tercantum dalam panduan pengobatan.

Baca juga: Hasil Tes Narkoba Positif pada Pengguna ARV?

Apa kemungkinan efek samping buprenorfin (Subutex)?

www.mybodytherapeutics.com

Dapatkan bantuan medis darurat jika kamu memiliki tanda-tanda reaksi alergi: gatal-gatal; sulit bernapas; pembengkakan di wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan.

Seperti obat-obatan narkotika lainnya, buprenorfin dapat memperlambat pernapasan. Kematian dapat terjadi jika pernapasan menjadi terlalu lemah.

 

 

 

 

Hubungi dokter segera jika kamu memiliki efek samping yang serius seperti:

  • napas yang lambat atau dangkal;
  • merasa pusing, atau bahkan pingsan;
  • merasa kebingungan, susah berpikir atau perilaku yang tidak biasa; atau
  • mual, sakit perut bagian atas, gatal, kehilangan nafsu makan, urin berwarna gelap, kotoran (tinja) berwarna ungu, penyakit kuning (menguning pada kulit atau mata).

 

Efek samping yang kurang serius kemungkinan lebih mungkin terjadi, seperti:

  • sakit kepala;
  • sakit perut, mual, muntah, konstipasi;
  • tubuh terasa hangat atau bahkan perasaan geli;
  • menggigil, keringat berlebihan;
  • tubuh terasa lemah;
  • sakit punggung;
  • kecemasan, depresi;
  • masalah tidur (insomnia); atau
  • hidung berair.

 

Ini bukan daftar lengkap dari efek samping dan yang lain mungkin terjadi. Hubungi dokter untuk nasihat medis tentang efek samping yang kamu alami.

Baca juga: Narkoba dan HIV? Mereka Akrab!

Apa informasi terpenting yang harus Aku ketahui tentang buprenorfin (Subutex)?

Menggunakan buprenorfin dengan tidak benar akan meningkatkan risiko efek samping serius atau kematian. Bahkan jika kamu telah menggunakan obat narkotika lainnya, kamu mungkin masih memiliki efek samping yang serius dari buprenorfin. Ikuti semua petunjuk dosis dengan hati-hati.

Seperti obat-obatan narkotika lainnya, buprenorfin dapat memperlambat pernapasan. Kematian dapat terjadi jika pernapasan menjadi terlalu lemah.

Jangan pernah menghancurkan tablet atau pil lain untuk dicampur dengan cairan untuk menyuntikkan obat Subutex ke pembuluh darah. Praktek ini telah mengakibatkan kematian dengan penyalahgunaan buprenorfin dan obat resep serupa.

Hindari minum alkohol, yang dapat meningkatkan beberapa efek samping buprenorfin. Menggunakan terlalu banyak obat ini selain minum alkohol dapat menyebabkan kematian.

Jangan berhenti menggunakan buprenorfin secara tiba-tiba setelah penggunaan jangka panjang, atau kamu bisa mengalami gejala sakaw yang tidak menyenangkan. Tanyakan kepada dokter bagaimana menghindari gejala sakaw ketika kamu berhenti menggunakan buprenorfin. Kamu mungkin perlu mengkonsumsi lebih sedikit dan lebih sedikit sebelum kamu dapat menghentikan penggunaan Subutex sepenuhnya.

Obat ini dapat merusak pemikiran atau reaksi kamu. Hindari mengemudi atau mengoperasikan mesin sampai kamu tau bagaimana buprenorfin akan mempengaruhi kondisi kamu.

Baca juga: Kisah Dibalik Cerita pengguna Narkoba

Apa yang harus Aku diskusikan dengan penyedia layanan kesehatan sebelum Aku mengkonsumsi buprenorfin (Subutex)?

Jangan gunakan obat ini jika kamu alergi terhadap buprenorfin atau nalokson (Narcan), atau jika kamu telah menggunakan obat narkotik lain dalam 4 jam terakhir.

Untuk memastikan kamu dapat dengan aman mengkonsumsi buprenorfin, beri tahu dokter jika kamu memiliki salah satu dari kondisi lain ini:

  • asma, COPD (Chronic obstructive pulmonary disease/Penyakit paru obstruktif kronik), sleep apnea, atau gangguan pernapasan lainnya;
  • penyakit hati (terutama hepatitis B atau C);
  • penyakit ginjal;
  • gangguan tiroid;
  • masalah perut;
  • pembesaran prostat, masalah buang air kecil;
  • penyakit kandung empedu;
  • kelengkungan tulang belakang;
  • Penyakit Addison (kelainan kelenjar adrenal);
  • riwayat penyakit mental, gangguan kepribadian, atau episode psikotik;
  • riwayat kecanduan narkoba atau alkohol; atau
  • riwayat kejang, cedera kepala, atau tumor otak.

 

Buprenorfin dapat membentuk kebiasaan dan harus digunakan hanya oleh orang yang diresepkan. Jangan pernah berbagi buprenorfin dengan orang lain, terutama seseorang dengan riwayat penyalahgunaan narkoba atau kecanduan. Buprenorfin dapat menyebabkan efek sakaw pada seseorang yang kecanduan narkotika. Simpan obat ini di tempat yang tidak bisa dijangkau orang lain.

www.drugaddictiontreatment.com

Buprenorfin merupakan obat yang masuk pada FDA kategori kehamilan C. Tidak diketahui apakah buprenorfin akan membahayakan bayi yang belum lahir. Buprenorfin dapat menyebabkan gejala kecanduan atau sakaw pada bayi yang baru lahir jika ibu meminum obat selama kehamilan. Katakan kepada dokter jika kamu sedang hamil atau berencana untuk hamil saat menggunakan buprenorfin.

Buprenorfin dapat masuk ke ASI dan dapat membahayakan bayi yang menyusui. Kamu seharusnya tidak menyusui saat menggunakan buprenorfin.

Jangan berikan obat ini pada anak.

 

Bagaimana cara Aku mengonsumsi buprenorfin (Subutex)?

Jangan pernah mengonsumsi buprenorfin dalam jumlah yang lebih besar, atau lebih lama dari yang direkomendasikan oleh dokter kamu. Menggunakan buprenorfin dengan tidak benar akan meningkatkan risiko efek samping serius atau kematian. Bahkan jika kamu telah menggunakan obat narkotika lainnya, kamu mungkin masih memiliki efek samping yang serius dari buprenorfin. Ikuti semua petunjuk dosis dengan hati-hati. Katakan kepada dokter kamu jika obat tampaknya berhenti bekerja juga dalam mengurangi rasa sakit yang kamu alami.

Jangan pernah menghancurkan tablet atau pil lain untuk dicampur dengan cairan untuk menyuntikkan obat ke pembuluh darah kamu. Praktek ini telah mengakibatkan kematian dengan penyalahgunaan buprenorfin dan obat resep serupa.

Tablet sublingual buprenorphine harus ditempatkan di bawah lidah dan dibiarkan larut. Jangan mengunyah tablet atau menelannya utuh. Jika dokter kamu telah meresepkan lebih dari 2 tablet per dosis, letakkan jumlah tablet yang tepat di bawah lidahmu pada saat yang bersamaan dan biarkan tablet itu larut sepenuhnya.

Pastikan anggota keluarga kamu tahu saat kamu sedang menggunakan buprenorfin jika mereka perlu berbicara ke kamu selama keadaan darurat.

Untuk memastikan obat ini tidak menyebabkan efek berbahaya, fungsi hatimu perlu diperiksa dengan tes darah yang kontinyu. Kunjungi dokter kamu secara teratur.

Jika kamu perlu menjalani operasi apa pun, beri tahu ahli bedah sebelumnya bahwa kamu menggunakan buprenorfin. Kamu mungkin perlu berhenti menggunakan obat ini untuk waktu yang singkat.

Jangan berhenti menggunakan buprenorfin secara tiba-tiba setelah penggunaan jangka panjang, atau kamu bisa mengalami gejala sakaw yang tidak menyenangkan. Tanyakan kepada dokter bagaimana menghindari gejala sakaw ketika kamu berhenti menggunakan buprenorfin. Kamu mungkin perlu menggunakan lebih sedikit dan lebih sedikit sebelum Kamu dapat menghentikan pemakaian obat ini sepenuhnya.

Simpan tablet buprenorfin pada suhu kamar dan jauhkan dari kelembaban dan panas.

Cek kembali jumlah obat yang digunakan dari setiap botol baru. Buprenorfin adalah obat untuk menanggulangi penyalahgunaan narkoba dan kamu harus sadar jika ada orang lain yang menggunakan obatmu dengan tidak semestinya atau tanpa resep.

Apa yang terjadi jika Aku melewatkan dosis (Subutex)?

Minum dosis yang terlewat segera setelah kamu ingat. Lewatkan dosis yang terlewat jika hampir waktunya untuk dosis berikutnya yang dijadwalkan. Jangan minum obat tambahan untuk mengganti dosis yang terlewat.

Apa yang terjadi jika Aku overdosis (Subutex)?

Cari bantuan medis darurat. Overdosis buprenorfin bisa berakibat fatal.

Gejala overdosis dapat termasuk rasa kantuk atau kelemahan yang ekstrem, kulit dingin atau lembap, pupil yang mengecil, pingsan, detak jantung lambat, denyut nadi lemah, napas lambat atau dangkal (pernapasan mungkin berhenti).

Apa yang harus Aku hindari saat mengambil buprenorfin (Subutex)?

Hindari minum alkohol, yang dapat meningkatkan beberapa efek samping buprenorfin. Menggunakan terlalu banyak obat ini selain minum alkohol dapat menyebabkan kematian.

Obat ini dapat merusak pemikiran atau reaksi kamu. Hindari mengemudi atau mengoperasikan mesin sampai kamu tau bagaimana buprenorfin akan mempengaruhi dirimu.

Apa obat lain yang akan mempengaruhi buprenorfin (Subutex)?

iytmed.com

Jangan mengonsumsi buprenorfin dengan obat nyeri narkotika lainnya, obat penenang, obat penenang, pil tidur, pengurang otot, atau obat-obatan lain yang dapat membuat Anda mengantuk atau memperlambat pernapasan Anda. Efek samping yang berbahaya dapat terjadi.

 

 

 

 

Beri tahu dokter kamu tentang semua obat lain yang kamu pergunakan, terutama:

  • conivaptan (Vaprisol);
  • imatinib (Gleevec);
  • isoniazid (untuk mengobati tuberkulosis);
  • nefazodone;
  • antibiotik seperti klaritromisin (Biaxin), eritromisin (E.E.S, EryPed, Ery-Tab, Erythrocin, Pediazole), rifampisin (Rifadin, Rifater, Rifamate, Rimactane), atau telithromycin (Ketek);
  • obat antijamur seperti itraconazole (Sporanox), ketoconazole (Nizoral), atau miconazole (Oravig);
  • obat jantung atau obat tekanan darah seperti nicardipine (Cardene) atau quinidine (Quin-G);
  • Obat HIV / AIDS seperti atazanavir (Reyataz), delavirdine (Rescriptor), indinavir (Crixivan), nelfinavir (Viracept), saquinavir (Invirase), atau ritonavir (Norvir, Kaletra); atau
  • obat penenang seperti diazepam (Valium), midazolam (Versed), alprazolam (Xanax) lorazepam (Ativan), clorazepate (Tranxene), triazolam (Halcion), flurazepam (Dalmane), atau temazepam (Restoril).

 

Daftar ini tidak lengkap dan obat lain dapat berinteraksi dengan buprenorfin. Katakan kepada dokter kamu tentang semua obat yang kamu gunakan. Ini termasuk obat resep, obat beli di warung, vitamin, dan produk herbal. Jangan memulai pengobatan baru tanpa memberi tahu dokter kamu.

Sumber:

Also Read

Tags

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.