Baru Terinfeksi

Inilah saatnya melepaskan emosi negatif

Tidak jarang kamu akan memiliki reaksi emosional, seperti kecemasan, kemarahan, atau depresi dari waktu ke waktu. Perasaan ini tidak berlangsung selamanya. Kamu punya pilihan tentang bagaimana caramu menanggapi perasaan ini.

Ada banyak hal yang dapat kamu lakukan:

  • Luangkan cukup waktu untuk beristirahat guna menstabilkan mood dan melanjutkan kekuatan fisik.
  • Tetaplah beraktifitas normal sehari-hari.
  • Bagikan perasaan dan kekhawatiran kamu kepada seseorang yang mengetahui diagnosis mu dan siapa yang dapat kamu percaya.
  • Batasi jumlah kafein, nikotin dan alkohol.
  • Tenangkan pikiran mu, atur sedikit hiburan untuk membuat diri mu rileks. Kamu juga dapat mencari penghiburan rohani dan dukungan dari agama / kepercayaan yang kamu anut.
  • Temukan sistem pendukung untuk membantu kamu, termasuk dokter, anggota keluarga, teman, kelompok pendukung, dan layanan lainnya.
  • Ingatlah, kamu tidak sendirian; “waktu” adalah obat yang baik dari rasa sakit.

 

Aku mencari dukungan mental

Hidup dengan HIV tidak berarti kamu harus menghadapinya sendirian. Dukungan dari keluarga, teman, dan orang lain di sekitarmu dapat membantu. Tidak apa-apa jika kamu belum siap memberi tahu orang lain. Kamu dapat mencari dukungan dari petugas klinik HIV dan aktifis dari organisasi masyarakat.

Organisasi non-pemerintah (LSM) di sekitarmu dapat menyediakan layanan dukungan masyarakat untuk orang yang hidup dengan HIV (ODHA)

Aku mencari pengobatan

Apa yang harus kamu lakukan adalah:

  • Buat rencana perawatan dengan doktermu;
  • Persiapkan perubahan dalam kehidupan sehari-hari kamu, misalnya di mana menaruh obat-obatan, kapan harus meminumnya;
  • Tetaplah berpegang pada rencana perawatan, diskusikan dengan dokter kamu jika ada efek samping yang tidak dapat kamu tangani.

Sangat penting untuk menemui dokter yang mengkhususkan diri dalam perawatan HIV. Dia akan memantau hasil laboratorium kamu, bekerja sama denganmu untuk mengembangkan rencana perawatan yang sesuai untukmu, memberi tahu kamu tentang masalah kesehatan, dan merawat kesehatan umum dan kesejahteraan mu.

Ada berbagai klinik yang mendukung pengobatan HIV di kotamu. Biasanya terletak di RSUD setempat.

Di dalam masa galau, sedih, marah seperti ini, biasanya akan ada oknum-oknum yang akan mendatangimu menawarkan herbal-herbal ajaib yang dikatakan dapat menyembuhkan HIV 100%. Saran dari kami: Jangan Percaya!

Saat ini belum ada obat yang mampu membunuh satu virus pun. ARV telah membantu ODHA untuk dapat hidup secara normal. Kami percaya bahwa suatu saat nanti akan ditemukan pengobatan yang benar-benar mampu membunuh virus.

Aku ingin curhat, tapi bingung

Pengungkapan status HIV kamu dapat menjadi salah satu bagian tersulit bagi mereka yang baru didiagnosis HIV, tetapi ada baiknya kamu memiliki seseorang untuk diajak bicara, baik itu keluarga, penyedia perawatan, pacar, atau teman. Pikirkan seseorang yang bisa kamu percaya dan dapat menolong saat masalah muncul.

Pertimbangkan:

  • Mengapa kamu ingin memberi tahu mereka? Apa yang kamu inginkan dari mereka?
  • Temukan tempat pribadi. Jika kamu menelepon mereka, tanyakan apakah kamu menelepon pada saat yang tepat sebelum memberi mereka berita tentang status kamu.
  • Siapkan diri untuk melihat reaksi. Kamu tidak dapat mengontrol cara orang lain menangani berita yang akan kamu sampaikan.

 

Contoh pembuka dialog:
“Ada sesuatu yang penting yang ingin aku curhatin ke kamu. Aku ikut tes HIV minggu lalu dan aku tahu aku positif.”Contoh tanggapan:
“Apakah kamu bergurau?”
Menanggapi hal itu, “Engga, kamu dapat terkena HIV untuk waktu yang lama tanpa menyadarinya. Seorang pacar aku sebelumnya telah menularkannya kepada salah satu dari kami.”

Jika kamu baru saja terdiagnosa HIV+, sebaiknya bergabung dengan kelompok pendukung sebaya (support group) agar kamu tidak merasa sendirian ya #SahabatOBS. Kamu dapat bergabung dengan group Telegram #OBS untuk saling sapa dengan sesama komunitas terdampak HIV.

<– Klik gambar di samping ini untuk bergabung dengan kita-kita yang kece ini 😀

 

 

Gimana, #SahabatOBS sudah pusing belum? Jangan pusing duluan, ayo pelajari hal lainnya:

Incoming search terms:

  • Hiv tak perlu sedih
  • www odhaberhaksehat