Hidup Lebih Sehat

Tindak lanjut secara teratur

Orang yang terinfeksi HIV harus memiliki tindak lanjut teratur untuk memantau perkembangan kondisi tubuhnya dan mendapatkan pengobatan dini. Tujuan utamanya adalah untuk mendeteksi secara dini komplikasi dan intervensi yang tepat. Mirip dengan penyakit lain, diagnosis dini dan manajemen HIV / AIDS meningkatkan peluang untuk bertahan hidup dan bahkan hidup lebih sehat.

Nutrisi dan keamanan pangan

Lakukan:

  • Makanlah makanan yang tinggi serat seperti sayuran, buah-buahan, biji-bijian dan kacang polong
  • Konsumsi makanan yang lebih banyak protein karena membantu membangun otot dan sistem kekebalan yang kuat. Makanan kaya protein termasuk telur, produk susu, daging tanpa lemak, dan kacang-kacangan.
  • Kalsium dan vitamin D membantu mencegah osteoporosis. Pilih makanan tinggi kalsium seperti ikan dan udang, sayuran hijau, susu, tahu, buah kering, kacang dan wijen. Dapatkan paparan sinar matahari di pagi hari selama 10-15 menit setiap hari.
  • Bersihkan dan masak makanan secara menyeluruh.
  • Minumlah hanya air steril dan hindari es yang tak steril atau susu yang tidak dipasteurisasi saat bepergian ke tempat-tempat di mana sanitasi buruk atau keamanan air dipertanyakan.

 

Hindari:

  • Permen, minuman ringan, dan makanan dengan tambahan gula
  • Minuman beralkohol
  • Makanan mentah atau kurang matang misal: telur, tiram, sashimi, ham asap
  • Air dari danau, kolam, sungai, atau sungai yang tidak disterilkan.

 

Berhenti Merokok

Merokok ketika Anda mengidap HIV membuat Anda lebih mungkin untuk mendapatkan penyakit serius lain selain non-perokok dengan HIV. Ini termasuk: COPD (penyakit paru obstruktif kronik), penyakit jantung dan stroke, kanker paru-paru, kanker kepala dan leher, dan kanker dubur. Berhenti merokok membantu Anda merasa lebih baik dan meningkatkan kualitas hidup Anda.

Jika kamu baru saja terdiagnosa HIV+, sebaiknya bergabung dengan kelompok pendukung sebaya (support group) agar kamu tidak merasa sendirian ya #SahabatOBS. Kamu dapat bergabung dengan group Telegram #OBS untuk saling sapa dengan sesama komunitas terdampak HIV.

<– Klik gambar di samping ini untuk gabung di group orang-orang kece 😀

 

 

 

 

 

Gimana, #SahabatOBS sudah pusing belum? Jangan pusing duluan, ayo pelajari hal lainnya: