Category: Dasar Perawatan

Apa itu ARV? (Bagian 2)

Pada artikel bagian 1 sudah dijelaskan apa itu ARV. Nah di bagian 2 kali ini kita akan membahas pembagian ARV. ARV dibagi menjadi 6 group berdasarkan cara kerjanya: 1. Nucleoside/Nucleotide Reverse Transcriptase Inhibitors (NRTIs) Obat-obat jenis NRTIs memaksa virus HIV untuk…
Apa itu ARV? (Bagian 1)

Obat-obatan HIV dapat membantu menurunkan viral load kamu, melawan infeksi yang disebabkan oleh HIV, dan meningkatkan kualitas hidup kamu. Obat-obat ini dapat menurunkan peluang kamu untuk menularkan HIV, tetapi jika kamu salah meminumnya, kamu masih bisa menularkan HIV kepada orang lain.…
Apa itu U=U ?

Belakangan ini ramai berita di dunia medis mengenai U=U, apa itu? Secara sekilas mirip dengan emoticon ya #SahabatOBS, namun ini adalah singkatan dari Undetectable=Untransmittable alias Tak Terdeteksi = Tak Menularkan. Incoming search terms:u=u hiv maksudnyaapaitu odhahiv serodiskordan indonesiaserodiskordan danu=u hiv artinya
Wasting Syndrome

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika (CDC) mengenali “wasting syndrome” sebagai kondisi AIDS pada tahun 1987. Sindrom “wasting” ini didefinisikan sebagai penurunan berat badan setidaknya 10% beserta diare atau kelemahan dan demam kronis untuk setidaknya 30 hari. Dalam prakteknya, setiap…
Viral Load Tidak Terdeteksi, Tetapi CD4 Aku Turun

Beberapa minggu yang lalu, aku mendapatkan hasil tes CD4 terbaru. Jumlah CD4-ku turun 135 poin, 135! Aku takut, tertekan, syok. Apa kesalahan yang telah aku perbuat? Aku meminum obat-obatan setiap hari. Apakah obat-obatan itu kehilangan keefektifannya? Siapa yang bisa aku…
IRIS: Tantangan dalam Memulai Pengobatan HIV (Bagian III)

Immune reconstitution inflammatory syndrome (IRIS) adalah kondisi serius yang dapat terjadi segera setelah seseorang memulai terapi HIV untuk pertama kalinya. Ini juga dapat terjadi pada orang yang memulai kembali obat-obatan mereka setelah “cuti minum obat”. Baca bagian I di sini,…
IRIS: Tantangan dalam Memulai Pengobatan HIV (Bagian II)

Immune reconstitution inflammatory syndrome (IRIS) adalah kondisi serius yang dapat terjadi segera setelah seseorang memulai terapi HIV untuk pertama kalinya. Ini juga dapat terjadi pada orang yang memulai kembali obat-obatan mereka setelah “cuti minum obat”. Baca bagian I di sini.…