HIV dan AIDS. Apa bedanya sih?

Nah, kali ini mimin mau buat tulisan soal perbedaan HIV dan AIDS. Apa sih bedanya? Bagi yang udah tahu, kasih comment dunk.. artikel #OBS sepi comment nih. bagi yang belum tahu, yuk baca deh.. jadi begini ceritanya. Pada jaman dahulu kala..  eh salah prolog.. Secara tulisan, HIV dan AIDS beda. HIV itu dimulai dengan H sementara AIDS dimulai dengan A. Ah garing yak becandanya.. Oke, serius ya. HIV itu kepanjangan dari Human Immunodeficiency Virus atau dalam bahasa kita itu artinya virus yang merusak sistem kekebalan tubuh manusia. Ingat ada kata manusia jadi HIV hanya ada di Manusia. Lalu AIDS adalah singkatan dari  Acquired Immune Deficiency Syndrome yang artinya sekumpulan gejala dan infeksi yang timbul karena HIV telah merusak sistem kekebalan tubuh manusia.

Orang yang terkena infeksi HIV tidak memiliki ciri khusus. Cara satu-satunya untuk mengetahui kalo kita terinfeksi adalah dengan melakukan konseling dan tes HIV sukarela. Konseling dan tes HIV sukarela ini dikenal dengan nama VCT. Konseling dan tes HIV ini gratis lho.. jadi buruan tes.. ajak pasangan dan keluarga dekat kita. Cuss..

Jika seseorang terinfeksi HIV, maka sistem kekebalannya akan dirusak sehingga orang tersebut rentan terkena penyakit atau infeksi lain. Infeksi lain yang menyerang disaat kekebalan tubuh menurun inilah yang dikenal dengan nama Infeksi Opportunistik. Infeksi Opportunistik ini contohnya infeksi Tb, Jamur, PCP dan banyak lagi.. hubungi dokter terdekat.. ?

Yang kemudian membahayakan nyawa orang yang terinfeksi HIV itu adalah infeksi opportunistik ini. Jadi, kurang tepat kita mengatakan bahwa seseorang meninggal karena HIV karena HIV itu merusak sistem kekebalan tubuh dan infeksi opportunistik inilah yang bisa mengambil nyawa ODHA.

Kondisi dimana infeksi opportunistik ini menyerang tubuh ODHA yang dikenal dengan nama AIDS. Ini adalah phase dimana kekebalan tubuh sudah rusak dan banyak infeksi opportunistik yang menyerang tubuhnya. Jelas ga sekarang bedanya HIV dan AIDS? Kalo belum jelas, jangan lupa add nomor Whatsapp #OBS yak di 081234560106.

Merdeka!