Komplikasi terkait HIV

Apa itu Infeksi Oportunistik (IO)?

HIV menghancurkan kekebalan orang yang terinfeksi. Akibatnya, ia akan mengembangkan infeksi yang biasanya tidak memengaruhi orang sehat. Mereka disebut infeksi oportunistik karena mereka “merebut” peluang untuk menimbulkan masalah.

Infeksi umum termasuk komplikasi pernapasan seperti Pneumocystis pneumonia (PCP), tuberculosis (TB) dan mycobacterium avium intracellulare (MAI). Sistem neurologis dan saluran gastrointestinal juga sering terkena. misalnya infeksi cytomegalovirus pada infeksi retina dan kriptokokus pada meninges. Selain itu, beberapa virus dapat menyebabkan kanker seperti sarkoma Kaposi dan limfoma.

Bisakah IO Diobati?

Banyak infeksi oportunistik dapat dicegah dan diobati. Namun, rekurensi sering terjadi jika pasien tetap dalam keadaan imunodefisiensi. Selain terapi antiretroviral, pasien umumnya membutuhkan perawatan-perawatan jangka panjang untuk mencegah infeksi oportunistik dari kekambuhan sampai terjadinya pemulihan kekebalan yang memuaskan.

Jika kamu baru saja terdiagnosa HIV+, sebaiknya bergabung dengan kelompok pendukung sebaya (support group) agar kamu tidak merasa sendirian ya #SahabatOBS. Kamu dapat bergabung dengan group Telegram #OBS untuk saling sapa dengan sesama komunitas terdampak HIV.

<– Klik gambar di samping ini untuk gabung di group orang-orang kece 😀

 

 

 

 

 

Mari kita mulai dari yang paling dasar, apa itu HIV?

Incoming search terms:

  • komplikasi orang odha
  • peluang sehat untuk HIV positif dengan CD4 26