Tahapan Infeksi HIV

Gejala pada tahap awal HIV

Sekitar 2 sampai 4 minggu setelah infeksi HIV terjadi, gejala bisa muncul saat tubuh bereaksi terhadap virus. Beberapa orang yang terinfeksi HIV melaporkan gejala seperti flu (sering digambarkan sebagai “flu terburuk yang pernah ada”). Gejala-gejala terebut dapat meliputi: demam, kelelahan, sakit tenggorokan, ruam, diare dan kelenjar bengkak. Gejala-gejala ini dapat berlangsung selama beberapa hari hingga beberapa minggu.

Selama masa ini (periode jendela), jika kita melakukan tes HIV mungkin hasilnya tidak akan muncul dalam tes antibodi HIV, namun orang tersebut sudah sangat menular dan dapat menyebarkan virus tersebut ke orang lain. Namun, kamu tidak boleh menganggap bahwa kamu telah terinfeksi HIV jika terdapat gejala-gejala ini. Setiap gejala ini dapat disebabkan oleh penyakit lain. So, kamu perlu berkonsultasi dengan dokter dan melakukan tes HIV ya #SahabatOBS.

Tahap tanpa gejala

Ini adalah tahap tanpa gejala apa pun secara umum dan hal ini bisa berlangsung selama sepuluh tahun atau lebih. Penting untuk diingat bahwa terlepas dari berkurangnya risiko penularan, orang-orang dalam periode bebas gejala ini masih dapat menularkan HIV ke orang lain.

Menuju AIDS

Jika kamu mengidap HIV tetapi tidak melakukan terapi ARV, virus pada akhirnya akan melemahkan sistem kekebalan tubuhmu. Karena sistem kekebalan tubuh ini rusak parah, orang yang terinfeksi (ODHA) lebih rentan terhadap kanker tertentu dan berbagai macam infeksi. Jenis infeksi ini dikenal sebagai infeksi oportunistik (IO) karena mereka memanfaatkan sistem kekebalan tubuh seseorang yang lemah. Ketika itu terjadi, infeksi HIV telah berkembang ke tahap akhir yang umumnya dikenal sebagai AIDS. Rata-rata, 50% orang dewasa yang terinfeksi HIV mengalami AIDS dalam waktu 10 tahun tanpa pengobatan.

Jika kamu baru saja terdiagnosa HIV+, sebaiknya bergabung dengan kelompok pendukung sebaya (support group) agar kamu tidak merasa sendirian ya #SahabatOBS. Kamu dapat bergabung dengan group Telegram #OBS untuk saling sapa dengan sesama komunitas terdampak HIV.

<– Klik gambar di samping ini untuk gabung di group orang-orang kece 😀

 

 

 

 

 

Mari kita mulai dari yang paling dasar, apa itu HIV?

 

Incoming search terms:

  • menyembuhkan hiv pada fase jendelas
  • periode jendela (window period) berlangsung selama
  • https://www odhaberhaksehat org/hiv/tahapan-infeksi-hiv/
  • tahap jendela pada hiv
  • tahapan infeksi hiv
  • Tahapan odha