Infeksi Oportunistik

Infeksi oportunistik (IO) adalah infeksi yang lebih sering terjadi dan lebih parah pada individu dengan sistem kekebalan yang lemah, termasuk orang dengan HIV. IO sekarang kurang umum daripada di awal-awal HIV karena perawatan yang lebih baik dapat mengurangi jumlah HIV dalam tubuh seseorang dan menjaga sistem kekebalan tubuh seseorang lebih kuat. Namun, banyak orang dengan HIV masih terkena IO karena mereka mungkin tidak tahu bahwa mereka terlah terinfeksi HIV, mereka mungkin tidak dalam pengobatan, atau pengobatan mereka mungkin belum mampu menjaga tingkat virus HIV dalam level yang cukup rendah agar sistem kekebalan tubuh mereka mampu untuk melawan infeksi.

Untuk alasan tersebut, penting bagi orang dengan HIV (ODHA) untuk akrab dengan IO yang paling umum sehingga mereka dapat bekerja dengan penyedia layanan kesehatan untuk mencegah terjangkit IO atau untuk mendapatkan perawatan untuk mereka sedini mungkin.

Ketika seseorang yang hidup dengan HIV (ODHA) mendapat infeksi tertentu (disebut infeksi oportunistik, atau IO), dia akan mendapatkan diagnosis AIDS, tahap infeksi HIV yang paling serius. AIDS juga didiagnosis jika jenis sel darah yang melawan infeksi (dikenal sebagai sel CD4) turun di bawah tingkat tertentu pada orang dengan HIV. Sel-sel darah ini adalah bagian penting dari sistem kekebalan seseorang.

CDC (Pusat Pencegahan dan Kontrol Penyakit Amerika) telah membuat daftar IO yang mengindikasikan seseorang mengidap AIDS. Tidak peduli berapa banyak sel CD4 yang dimiliki seseorang, menerima diagnosis dengan salah satu IO ini berarti infeksi HIV telah berkembang menjadi AIDS. Pengobatan HIV dapat membantu memulihkan sistem kekebalan seseorang.

  1. Candidiasis
  2. Kanker serviks
  3. Coccidioidomycosis
  4. Cryptococcus
  5. Cryptosporidiosis
  6. Cytomegalovirus
  7. Herpes Simplex
  8. Histoplasmosis
  9. Cystoisosporiasis
  10. Kaposi’s Sarcoma

Jika kamu baru saja terdiagnosa HIV+, sebaiknya bergabung dengan kelompok pendukung sebaya (support group) agar kamu tidak merasa sendirian ya #SahabatOBS. Kamu dapat bergabung dengan group Telegram #OBS untuk saling sapa dengan sesama komunitas terdampak HIV.

<– Klik gambar di samping ini untuk bergabung dengan kita-kita yang kece ini 😉

 

 

 

Sumber: