Candidiasis

Kandidiasis adalah infeksi jamur yang disebabkan oleh jamur yang termasuk genus Candida. Ada lebih dari 20 spesies jamur Candida yang dapat menyebabkan infeksi pada manusia, yang paling umum adalah Candida albicans. Jamur Candida biasanya berada di saluran usus dan dapat ditemukan pada membran mukosa dan kulit tanpa menyebabkan infeksi; Namun, pertumbuhan berlebih organisme ini dapat menyebabkan gejala penyakit menjadi berkembang. Gejala kandidiasis bervariasi tergantung pada area tubuh yang terinfeksi.

Kandidiasis yang berkembang di mulut atau tenggorokan disebut “sariawan” atau kandidiasis orofaringeal. Kandidiasis di vagina sering disebut sebagai “infeksi jamur vagina.” Kandidiasis invasif terjadi ketika spesies Candida memasuki aliran darah dan menyebar ke seluruh tubuh.

 

 

 

 

Jenis-jenis Kandidiasis yang umum terjadi pada ODHA:

  1. Candida Mulut, Tenggorokan, dan Esofagus
  2. Kandidiasis vagina
  3. Kandidiasis Invasif

 

Jika kamu baru saja terdiagnosa HIV+, sebaiknya bergabung dengan kelompok pendukung sebaya (support group) agar kamu tidak merasa sendirian ya #SahabatOBS. Kamu dapat bergabung dengan group Telegram #OBS untuk saling sapa dengan sesama komunitas terdampak HIV.

<– Klik gambar di samping ini untuk bergabung dengan kita-kita yang kece ini 😉

 

 

 

Sumber:

Incoming search terms:

  • jenis2 vagina
  • kandidis gorop
  • Saya kandidiasis
  • tantangan memasuki binatang ke dalam mulut