Limfoma

Limfoma adalah istilah umum untuk sekelompok kanker yang berasal dari sistem getah bening (jaringan dan organ yang memproduksi, menyimpan, dan membawa sel darah putih yang melawan infeksi dan penyakit lainnya).

Dua jenis utama limfoma adalah:

  • Limfoma hodgkin, yang menyebar secara teratur dari satu kelompok kelenjar getah bening ke kelenjar lainnya.
  • Limfoma non-Hodgkin, yang menyebar melalui sistem limfatik dengan cara yang tidak teratur.

Limfoma hodgkin dan limfoma non-Hodgkin dapat terjadi pada anak-anak, remaja, dan orang dewasa.

Apa Penyebab Limfoma?

Limfoma non-Hodgkin menjadi lebih umum seiring bertambahnya usia. Tidak seperti kebanyakan kanker, tingkat limfoma Hodgkin tertinggi di antara remaja dan dewasa muda (usia 15 hingga 39 tahun) dan lagi di antara orang dewasa yang lebih tua (usia 75 tahun atau lebih). Orang kulit putih lebih mungkin terkena kanker ini daripada orang kulit hitam, dan pria lebih mungkin terkana daripada wanita.

Para ilmuwan belum sepenuhnya memahami semua penyebab limfoma, tetapi penelitian telah menemukan banyak kaitan. Sebagai contoh:

  • Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang terinfeksi virus human immunodeficiency (HIV) berisiko lebih tinggi mengembangkan limfoma.
  • Virus lain, seperti virus limfotrofik sel T manusia dan virus Epstein Barr, juga telah dikaitkan dengan jenis limfoma tertentu.
  • Orang yang terkena radiasi pengion tingkat tinggi memiliki risiko lebih tinggi mengembangkan limfoma non-Hodgkin.
  • Riwayat keluarga telah dikaitkan dengan risiko limfoma Hodgkin yang lebih tinggi.
  • Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bahan khusus dalam herbisida dan pestisida dapat dikaitkan dengan limfoma, tetapi para ilmuwan tidak tahu berapa banyak racun yang diperlukan untuk meningkatkan risiko mengembangkan limfoma.

Gejala Limfoma

Gejala limfoma Hodgkin dan limfoma non-Hodgkin termasuk kelenjar getah bening yang membengkak, terutama di bagian tubuh tempat limfoma mulai tumbuh. Gejala lainnya termasuk demam, keringat malam, rasa lelah, dan penurunan berat badan.

Gejala-gejala ini juga bisa berasal dari kondisi lain.

Informasi ini tidak dimaksudkan untuk digunakan untuk mendiagnosis diri sendiri atau sebagai pengganti konsultasi dengan penyedia layanan kesehatan. Jika kamu memiliki pertanyaan tentang penyakit yang dijelaskan di atas atau berpikir bahwa kamu mungkin memiliki infeksi tersebut, konsultasikan dengan penyedia layanan kesehatan!

Sumber: