Mengapa Kepatuhan Terhadap Obat Penting?

Apa itu kepatuhan?

Kepatuhan minum obat (adherence) adalah kata yang digunakan untuk menggambarkan konsumsi obat kamu persis seperti yang ditentukan. Ini termasuk:

  • Meminum obat pada waktu yang tepat.
  • Mengikuti saran dokter untuk meminum obat sebelum atau sesudah makan.
  • Menghindari interaksi obat apa pun.

 

Kepatuhan minum obat adalah hal paling penting yang harus #SahabatOBS pikirkan ketika kamu memulai perawatan HIV. Sebenarnya tidak hanya dalam perawatan HIV, ada banyak penyakit lain yang mengharuskan si pasien untuk teratur meminum obat sepanjang hidupnya, misalnya pasien kanker, atau pengidap diabetes. Maka jangan pikir kalau kamu sendirian ya #SahabatOBS.

Kepatuhan minum obat sangat penting untuk mempertahankan viral load yang tidak terdeteksi dan mencegah munculnya resistansi obat. Ini akan memastikan bahwa semua obat dalam kombinasi yang kamu minum berada pada tingkat yang cukup tinggi untuk mengendalikan HIV selama 24 jam sehari, 7 hari seminggu. Jika level ini turun terlalu rendah, maka akan meningkatkan risiko resistensi.

Resistensi obat berarti pengurangan kemampuan obat untuk bekerja melawan HIV. Kepatuhan obat yang tidak optimal dapat menyebabkan pengembangan resistansi obat yang membuat pengobatan kamu tidak efektif dan akan mengurangi jumlah pilihan pengobatan di masa depan.

Beberapa kiat tentang minum obat dengan teratur adalah:

  • Ketahui dosis yang tepat, frekuensi dan cara minum masing-masing obat;
  • Cobalah untuk menyesuaikan rezime obat kamu dengan beberapa rutinitas harian kamu (misal: jam berangkat kerja, lama di perjalanan, jam pulang kerja;
  • Atur alarm di smartphone kamu untuk mengingatkan waktu minum obat-obatan;
  • Taruh beberapa obat di tempat-tempat yang biasanya kamu sering datangi di area rumah;
  • Bawalah sebotol air minum untuk minum obat-obatan;
  • Gunakan kotak pil.

 

Jika kamu baru saja terdiagnosa HIV+, sebaiknya bergabung dengan kelompok pendukung sebaya (support group) agar kamu tidak merasa sendirian ya #SahabatOBS. Kamu dapat bergabung dengan group Telegram #OBS untuk saling sapa dengan sesama komunitas terdampak HIV.

<– Klik gambar di samping ini untuk gabung di group orang-orang kece 😀

 

 

 

 

 

Gimana, masih ingin tau lebih lanjut tentang treatmen HIV? Klik tautan di bawah ini #SahabatOBS: